Pelatihan Penyusunan Dan Analisis Laporan Keuangan Bagi Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) Di Desa Porodeso, Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan

 Abstract views: 39

Authors

  • Have Zulkarnaen Universitas Islam Darul’ Ulum Lamongan
  • Novi Darmayanti Universitas Islam Darul’ Ulum Lamongan
  • Fatichatur Rachmaniyah
  • Siti Shoimah

Keywords:

Perencanaan Keuangan, BUMDes, Analisis Laporan Keuangan

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan tujuannya untuk memberikan wawasan
dan ketrampilan pengelola BUMDes di Desa Porodeso-Lamongan agar mampu mengelola
keuangan dengan baik serta melaukan  pengembangan  usaha. Pengelola BUMDes harus siap dalam kondisi apapun  dengan berbagai macam  tantangan yang menghadang. Perencanaan keuangan yang baik sangat dperlukan dimana harus bisa mewujudkan kesejahteraan baik untuk usaha atau untuk masyarakat. Metode yang dilakukan dalam program ini adalah memberikan penyuluhan dan pendampingan mengenai perencanaan keuangan pada pengelola BUMDes  sampai pada tahap aplikasi sederhana namun dapat dipahami. Hasil program pengabdian masyarakat ini memberikan solusi sederhana untuk bersikap hati-hati dalam mengelola keuangan dengan memperhatikan beberapa kemungkinan terburuk. Peserta merasa mendapatkan solusi ketika ingin merencanakan keuangan dan dapat mengambil keputusan yang tepat dalam menghadapi permasalahan.

Kata Kunci : Perencanaan Keuangan, BUMDes, Analisis Laporan Keuangan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afkar, T., Widodo, U. P. W., Utomo, S. P., Suhardiyah, M., & Kurniawan, W. O. (2021). Perencanaan Keuangan UMKM Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Slempit Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik. Ekobis Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1-9.

C. B. Ramadana, H. Ribawanto, and Suwondo, “Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sebagai Penguatan Ekonomi Desa (Studi di Desa Landungsari, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang),” J. Adm. Publik, vol. 1, no. 6, 2013.

Kurniawan, A. (2021). Pengaruh Kualitas Audit Pada Kualitas Informasi Terhadap Laporan Keuangan. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(5), 1284-1291.

Rahmi, V. A., Ismanto, H. I., & Fathoni, M. Z. (2020). Pendekatan Bisnis Bumdes Berkemajuan di Kondisi Wabah Pandemi Covid’19. Jurnal Riset Entrepreneurship, 3(2), 90-98.

Ratih, S. (2019). Pemahaman Konsep Biaya, Kuantitas, Laba Dan Konsep Bisnis Suku Jawa Serta Dampaknya Terhadap Penentuan Harga Pada PKL Suku Jawa Di Surabaya. Eco-Socio: Jurnal ilmu dan Pendidikan Ekonomi, 3(1), 53-63.

Reeve, J. M. (2009). Pengantar Akuntansi Adaptasi Indonesia. Jakarta : Salemba Empat.

Downloads

Published

2022-07-01

Issue

Section

Articles