Pemberdayaan Anak Panti Asuhan Melalui Pelatihan Pengolah Kata dan Pengolah Angka di Panti Asuhan Benih Kasih Surabaya

 Abstract views: 10

Authors

  • Haryanto Tanuwijaya Universitas Dinamika
  • Tjandrarini Universitas Dinamika

Keywords:

Pelatihan, Pengolah kata, Pengolah Angka, Panti Asuhan Benih Kasih

Abstract

Panti Asuhan Benih Kasih (PABK) merupakan lembaga sosial nirlaba yang menampung, mendidik, dan memelihara anak-anak yatim, yatim piatu, dan anak terlantar di kota Surabaya. Kegiatan yang dilakukan PABK antara lain mengasuh dan memberikan pendidikan kepada anak-anak untuk bekal berkehidupan mandiri kelak. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, PABK menyediakan sarana komputer untuk anak-anak asuh sebagai media belajar menggunakan perangkat lunak yang telah disediakan. Namun pada kenyataannya, anak-anak jarang memanfaatkan fasilitas komputer karena belum berlatih menggunakan perangkat lunak sesuai perkembangan teknologi informasi. Padahal PABK menginginkan agar anak-anak memiliki keterampilan komputer dan dapat diberdayakan sebagai saran latihan sebelum bekerja di berbagai perusahaan setelah lulus sekolah menengah atas kelak.

Berdasarkan permasalahan belum adanya pelatihan intensif penggunaan komputer selama ini, maka solusi yang ditawarkan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pelatihan pengolah kata dan pengolah angka kepada anak-anak PABK dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan anak-anak menggunakan pengolah kata dan pengolah angka. Pelatihan pengolah kata dan pengolah angka ini dilakukan dengan metode Demonstrasi dan Praktik Langsung.

Pelatihan pengolah kata dan pengolah angka dalam pengabdian kepada masyarakat ini telah berjalan baik dan lancar yang ditunjukkan dari rata-rata nilai angket sebesar 3,70. Seluruh peserta menyatakan bahwa pelatihan sangat bermanfaat bagi mereka yang ditunjukkan dari nilai angket 4,0. Bahkan para peserta menginginkan waktu pelatihan yang lebih lama yang ditunjukan dari nilai angket 3,31 dan waktu praktik yang lebih banyak dari nilai angket 3,46. Pelatihan ini dapat membantu PABK dalam memberdayakan anak-anak panti asuhan untuk memperoleh pengalaman dan keterampilan agar siap terjun ke dunia kerja kelak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Binder, C. dan Watkins, C. L. (1990). Precision Teaching and Direct Instruction: Measurably Superior Instructional Technology in Schools. Performance Improvement Quarterly. 3(4): 74-96.

Depsos RI. (2004). Pedoman Panti Sosial Petirahan Anak. Jakarta: Depsos RI.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Karyadiputra, E., Mahalisa, G., Sidik, A., dan Wathani, M.R. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Asuh Berbasis TI dalam Menanamkan Nilai Wirausaha Pada Asrama Putera Panti Asuhan Yatim Piatu dan Dhu'Afa Yayasan La-Ashr Banjarmasin. Jurnal Al-Ikhlas, 4(2): 186-190.

Suryana, T. dan Koesheryatin (2014). Mengenal Microsoft Office 2013 (Indonesian Edition) Edisi 4. Jakarta: Elexmedia Komputindo Gramedia.

Downloads

Published

2022-07-01

Issue

Section

Articles