Transformasi Praktik Bisnis UMKM Kelurahan Sepanjang, Kecamatan Taman - Sidoarjo

 Abstract views: 24

Authors

  • Noer Choidah
  • Aji Prasetyo Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Rina Fariana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Siti Samsiyah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

transformasi, praktek bisnis

Abstract

Pandemi COVID-19 berdampak pada situasi yang tidak menguntungkan bagi UMKM. Banyak UMKM sulit bertahan hidup. UMKM harus mampu dengan cepat menyesuaikan strategi bisnisnya dengan transformasi bisnis. Permasalahan yang dihadapi UMKM Kelurahan Sepanjang, Kecamatan Taman – Sidoarjo masih banyak pelaku UMKM dalam memasarkan produknya menggunakan strategi pemasaran konvensional, sedangkan yang menggunakan pemasaran secara online (Instragram, Facebook, dan whatsapp) masih terbatas dan belum menunjukkan hasil penjualan yang signifikan. Tujuan pengabdian kepada masyarakat dilakukan untuk memberikan solusi berupa sosialisasi bagi pelaku UMKM pemasaran digital dan memberikan pelatihan dan pendampingan penerapan bisnis online. Program pengabdian kepada masyarakat mendapat respon positif dari pelaku UMKM, Karang Taruna, dan warga setempat. Hasil program yang telah dilaksanakan menunjukkan peningkatan pengetahuan pemasaran digital dan kemandirian pelaku UMKM untuk memasarkan produknya melalui marketplace di Shopee.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Aji Prasetyo, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Rina Fariana, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Siti Samsiyah, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

References

Ardyan, E. (2016). Market sensing capability and SMEs performance: The mediating role of product Innovativeness Success. DLSU Business and Economics Review, 25(2), 79–97.

Astuty, K., Sudarsono, A., Tambunan, D. R., & Agung, K. T. (2022). Pelatihan Penerapan Transformasi Digital Pada Usaha UMKM Briket. Jurnal Dehasen Mengabdi, 1(1), 61–66.

Correani, A., De Massis, A., Frattini, F., Petruzzelli, A. M., & Natalicchio, A. (2020). Implementing a Digital Strategy: Learning from the Experience of Three Digital Transformation Projects. California Management Review, 62(4), 37–56. https://doi.org/10.1177/0008125620934864

Fang, S. R., Chang, E., Ou, C. C., & Chou, C. H. (2014). Internal market orientation, market capabilities and learning orientation. European Journal of Marketing, 48(1), 170–192. https://doi.org/10.1108/EJM-06-2010-0353

Hsiao, Y. P., Brouns, F., Van Bruggen, J., & Sloep, P. B. (2012). Effects of peer-tutor competences on learner cognitive load and learning performance during knowledge sharing. IADIS International Conference on Cognition and Exploratory Learning in Digital Age, CELDA 2012, May 2014, 265–268.

Indriyani, R., Noerchoidah, & Latif, N. (2022). PERAN CREATIVE SELF EFFICACY MEMEDIASI ANTARA ENTREPRENEURIAL LEADERSHIP DAN. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, 18(April), 1–9.

Noerchoidah, & Eliyana, A. (2015). The Study Between Competence And Human Capital : Towards A Competitive Advantage. 17(2), 14–17. https://doi.org/10.9790/487X-17221417

Noerchoidah, Nurdina, & Ariprabowo, T. (2022a). Berbagi pengetahuan dalam memediasi antara efikasi diri kreatif terhadap kinerja kreatif pada ukm di jawa timur. BALANCE: Economic, Business, Management, and Accounting Journal, XIX(1), 33–45.

Noerchoidah, Nurdina, & Ariprabowo, T. (2022b). PENGUATAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI PRODUK SEBAGAI PENENTU KINERJA UKM. Buletin Bisnis & Manajemen, 08(01), 113–124.

Pramesti, P., Dwijayanti, A., Komalasari, R., & ... (2021). Transformasi Bisnis Digital UMKM Bola Ubi Kopong di Masa Pandemi Covid-19. … Administrasi Bisnis (e …, 7(2), 112–119. https://doi.org/10.38204/atrabis.v7i2.700

Smith, W. K., Binns, A., & Tushman, M. L. (2010). Complex business models: Managing strategic paradoxes simultaneously. Long Range Planning, 43(2–3), 448–461. https://doi.org/10.1016/j.lrp.2009.12.003

Suliswanto, M. S. W., & Rofik, M. (2019). DIGITALIZATION OF MICRO, SMALL & MEDIUM ENTERPRISES (MSMEs) IN EAST JAVA, INDONESIA. Muhammadiyah International Journal of Economics and Business, 2(1), 34–43. https://doi.org/10.1017/CCOL9780521886994.004

Tresp, V., Marc Overhage, J., Bundschus, M., Rabizadeh, S., Fasching, P. A., & Yu, S. (2016). Going Digital: A Survey on Digitalization and Large-Scale Data Analytics in Healthcare. Proceedings of the IEEE, 104(11), 2180–2206. https://doi.org/10.1109/JPROC.2016.2615052

Yuliani A (2017). Kemenkop UKM: 3, 79 juta UMKM sudah go online, November 2017, Kominfo [online]. Diambil dari https://www.kominfo.go.id/content/detail/11526/kemenkop-ukm-379-juta-umkm-sudah-go-online/0/sorotan_media. Diakses pada 9 Juli 2021.

Downloads

Published

2022-07-01

Issue

Section

Articles