Sosialisasi Legalitas Dan Manajemen Usaha Bagi Pelaku UMKM

 Abstract views: 18

Authors

  • Widiar Onny Kurniawan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Tony Susilo Wibowo
  • Bisma Arianto
  • Bambang Dwi Waryanto
  • Yuli Kurnia Firdausia

Keywords:

Legalitas Usaha, Manajemen Usaha, UMKM

Abstract

Peranan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dalam menggerakkan roda perekonomian Indonesia sudah nyata, namun masih banyak kendala sehingga peningkatan UMKM belum benar-benar terwujud. Salah satu variabelnya adalah belum adanya legitimasi usaha bagi sebagian besar UMKM di kabupaten tersebut. Di era inovasi data yang sedang berlangsung, UMKM sangat mungkin bisa mengembangkan pasar dengan berjualan secara online, namun terbatasnya informasi tentang transaksi berbasis internet membuat potensi ini tidak dimanfaatkan dengan baik. Tindakan administrasi kelompok orang ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang keuntungan dari keabsahan bisnis dan bagaimana memanfaatkan media korespondensi untuk melakukan transaksi di web. Dipercaya dengan memiliki legitimasi usaha, para pelaku UMKM bisa mendapatkan arahan dari kantor-kantor pemerintah yang berlaku dan bisa mendapatkan kredit dari perbankan. Dengan banyaknya transaksi online, diyakini omzet UMKM pada dasarnya bisa meningkat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitriani, Rini (2017). Aspek Hukum Legalitas Perusahaan atau Badan Usaha Dalam

Kegiatan Bisnis, Jurnal Hukum Samudra keadilan, 12 (1) : 136-145

Jati, Waluyo, Hanafi Yuliansyah, (2017), Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap

Minat Beli Konsumen, Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1 (1), 127-138.

Juhaeri, (2014). Pengaruh Pemasaran On-Line, Harga Dan Pelayanan Terhadap Keputusan

Pembelian. KREATIF, Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 1 (2) :

-73.

Kusmanto, H. & Warjio (2019). Pentingnya Legalitas Usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan

Menengah. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, 11 (2): 320-327.

Setyawati, Ira, Penta Widyartati (2017), Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba UMKM, Bima : Bingkai Manajemen, Seminar Nasional dan Call for Paper 2017, Pascasarjana (S2) STIE Dharmaputra Semarang: 343-347.

Widayanto, Mutinda Teguh. (2020). Analisis Penerapan Manajemen Strategik dan

Pengaruhnya terhadap Kinerja Usaha. JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan),

(3), 173-182 doi: http://dx.doi.org/10.32503/jmk.v5i3.1090

Pentingnya Kenali Target pasar untuk bisnis anda https://www.niagahoster.co.id/blog/target-pasar/, di unduh tanggal 25 juni 2022

Analisis target pasar : Pengertian dan Strateginya https://accurate.id/marketing-manajemen/analisis-target-pasar-pengertian-dan-strateginya/, di unduh tanggal 25 juni 2022

Downloads

Published

2022-07-01

Issue

Section

Articles