Teknik Pemasaran Berbasis Media Sosial Di Kelurahan Sepanjang, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo

 Abstract views: 13

Authors

  • Nashrudin Latif
  • Wira Yudha Alam
  • Teguh Purwanto
  • Untung Lasiyono

Keywords:

Pemasaran Digital, Media Sosial, Konten Kreatif, Database Pelanggan

Abstract

Media sosial tengah mendapatkan perhatian utama bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) sebagai sarana pemasaran. Penetapan sebagai media pemasaran, aplikasi media sosial memberikan dampak kemudahan pelaku usaha untuk menawarkan produk atau jasa secara massif sehingga penetrasi pasar lebih meluas dibandingkan cara manual sebelumnya yaitu penjualan secara langsung dimana mempertemukan penjual dan pembeli. Potensi penggunaan media sosial membutuhkan keahlian dan ketrampilan, maka untuk mengoptimalkannya dibutuhkan pelatihan sebagai teknik memasarkan produk atau jasa melalui media sosial, mengingat tidak semua pelaku usaha mampu menggunakan aplikasi yang tersedia.  Teknik pemasaran mencakup bagaimana menciptakan konten kreatif, memaksimalkan frekuensi unggahan, pengaturan data base dan penggunaan media sosial berdasarkan tipikalnya. penetapan  Maka sosialisasi optimalisasi media pemasaran melalui media sosial yang tersedia dan diperlukan bagi masyarakat kelurahan Sepanjang diselenggarakan guna memberikan dampak positif bagi kinerja usaha yang tengah dilakukannya. Upaya penyuluhan ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran penggunaan media sosial dengan tepat sasaran sesuai audien pasarnya dan bijak dalam memilih konten sesuai karakteristik media sosial yang dipilihnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, W. R. W., Poluakan, M. V., Dikayuana, D., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2019). Potret Generasi Milenial Pada Era Revolusi Industri 4.0, [Portrait of the Millennial Generation in the Industrial Revolution 4.0]. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 187–197.

Nashrudin Latif, Edy Sulistiyawan, R. Bambang Dwi Waryanto, Sugijanto, & Siti Istikhoroh. (2020). Pengelolaan Pemasaran Online UMKM Menghadapi Tatanan Kehidupan Baru Desa Banjarsari Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Ekobis Abdimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 136–143. https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.1.2.3031

Qurniawati, R. S. (2018). Theoritical Review: Pemasaran Media Sosial. Among Makarti, 11(1), 17–27. https://doi.org/10.52353/ama.v11i1.159

Rizal, V. Z. (2019). Komunikasi Pemasaran Media Sosial Instagram Pada Toko Kue Selebriti Bandung Makuta (@Bandungmakuta) Terhadap Kesadaran Merek. Inter Komunika : Jurnal Komunikasi, 4(1), 75. https://doi.org/10.33376/ik.v4i1.291

Siagian, A. O., Martiwi, R., & Indra, N. (2020). Kemajuan Pemasaran Produk Dalam Memanfaatkan Media Sosial Di Era Digital. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), 44. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i3.4497

Downloads

Published

2022-07-01

Issue

Section

Articles