Strategi Peningkatan Penjualan Melalui Packaging Produk Yang Menarik Pada Umkm Di Desa Banjarsari Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik

DOI:
https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.3.2.6703
Abstract
ABSTRAK
Persaingan yang muncul antar perusahaan merupakan sebuah respon dari kemajuan industri yang berkembang sangat pesat. Persaingan tersebut yang membawa perusahaan berlomba dalam menyediakan kebutuhan masyarakat di pasar agar bisa bertahan dalam persaingan. Setiap perusahaan tentunya memiliki visi dan misi yang berbeda-beda untuk terus berkembang dan mendapatkan keuntungan. Persaingan yang muncul tersebut menghadirkan sebuah permasalahan baru bagi para pelaku UMKM dimana saat ini semua masyarakat berlomba-lomba untuk mempelajari teknik packaging yang baik dengan tujuan menarik minat masyarakat untuk membeli produk yang ditawarkan oleh UMKM. Strategi penjualan harus bisa memberikan motivasi dalam kemasan sebuah produk memiliki peran penting dalam proses penjualan, karena dengan adanya sebuah kemasan tersebut produk yang ditawarkan oleh UMKM memiliki branding untuk membedakan dengan produk lain. Program pengabdian kepada masyarakat mendapat respon positif dari pelaku UMKM, ibu-ibu PKK, dan warga setempat. Hasil program yang telah dilaksanakan menunjukkan peningkatan pengetahuan strategi peningkatan penjualan dan packaging produk pelaku UMKM untuk memasarkan produknya
Downloads
References
Sulistyandari, Ekaningtyas Widiastuti, dan Suci Indriati. “Kemasan Produk Sebagai Strategi Pemasaran Kerupuk Rambak “Mirasa” Di Desa Dukuhturi, Kec. Bumiayu, Kab. Brebes”. Jurnal Adimas. (2017)
Puryantoro. “PKM Desain Labelling Kemasan Kerupuk Ikan Pada Industri Kecil Menengah di Desa Pesisir Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo”. Jurnal Warta Pengabdian, Vol 12 (2017)
Arifudin, Opan. “PKM Pembuatan Kemasan, Peningkatan Produksi dan Perluasan Pemasaran Keripik Singkong di Subang Jawa Barat. Jurnal Pengabdian, Vol 4, No. 1 (2020)
Suhardi, Dadang. “Optimalisasi Keterampilan Pembuatan Kemasan untuk Meningkatkan Pemasaran Produk pada UKM Pembuat Tape di Desa Cibeureum Kabupaten Kuningan”. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol 2, No. 2 (2019)
Harsiti, Yani Sugiyani, Tb. Ai Munandar, Erma Perwitasari. “Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Pelatihan Packaging Produk Makanan Tradisional yang Berdaya Jual Guna Meningkatkan Perekonomian Wilayah”. Sembadha, Vol 1, edisi 01 (2018).