Mengembangkan Mindset Entrepreneur Terhadap Pelaku UMKM di Desa Bulugede
Mengembangkan Mindset Entrepreneur Terhadap Pelaku UMKM di Desa Bulugede
Abstract views: 181Keywords:
Pola Pikir, Wirausaha, UMKM, EkonomiAbstract
Fase pemulihan atau post-pandemic setelah terjadinya pandemi covid-19 yang melanda di berbagai sektor dan seluruh lapisan masyarakat. Berbagai cara dilakukan untuk memperbaiki keadaan terutama disektor perekonomian dan mengkaji solusi yang tepat sebagai langkah preventif terkait pandemi covid-19. Salah satunya adalah peningkatan kegiatan wirausaha di masyarakat. Untuk itu diperlukan penanaman mindset entrepreneur yang dapat dikembangkan oleh masyarakat atau pelaku UMKM. Kegiatan pelatihan ini telah dilaksanakan pada bulan februari 2023 dengan mengangkat tema “Mengembangkan mindset entrepreneur berbasis digital pada UMKM di Desa Bulugede”. Hasil dari pelatihan ini adalah telah terjadinya perubahan mindset, pengetahuan dan kemampuan pelaku UMKM Desa Bulugede dalam kewirausahaan. Hal ini akan berpengaruh terhadap daya pandang, omset penjualan usaha dari UMKM Bulugede, sehingga meningkatkan pendapatan dan keuntungan operasional.
Downloads
References
Helmalia, H., & Afrinawati, A. (2018). Pengaruh e-commerce terhadap peningkatan pendapatan usaha mikro kecil dan menengah di Kota Padang. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 3(2), 237–246
Herlandy, R., Risniawati, R., Iqyan, F. N., & Rahmadi, T. (2022). Pengelolaan Organisasi Usaha Dan Penerapan Mindset Digital Business Pada Kelompok Umkm Dikelurahan Pondok Benda Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan. DEDIKASI PKM, 3(2), 186–195.
Muljani, N., Elitan, L., & Koesworo, Y. (2019). Pelatihan Pembentukan Mindset Kewirausahaan Untuk Memperkuat Karier Wirausaha Kaum Muda Kevikepan Surabaya Barat. PeKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 36–42.
Martiyanti, D., Dewanto, B., Wulandari, H., Nadya Azzahra, A., & Alfeliza, I. (2022). Pemanfaatan digital marketing pada usaha mikro kecil menengah. https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia
Sujatmiko, B., Indraswari, N., Anggaeni, T. T., & Wismandanu, O. (2022). Pelatihan Pemasaran Daring “Digital Marketing” Pada Pelaku Umkm Di Desa Pangadegan, Kabupaten Sumedang. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 608. https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i3.37332
Purnaningrum, Evita, Rafikayati, A., & Dyatmika, S. W. (2022). Peningkatan Profitibilitas Wirausaha Disabilitas di Era Digital dengan Ketrampilan Desain Produk dan Pemasaran pada E-Commerce. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.30651/aks.v6i1.4006
Purnaningrum, Evita, & Fariana, R. (2022). Dynamic Ensemble Time Series for Prediction Major Indices in Asean. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 4(1), 54–62. https://doi.org/10.30997/ijsr.v4i1.171
Sugiarti, E., Pradana, F. Y., Sari, E. N., Nurviyaddin, N., & Sulastri, S. (2022). Mengembangkan Prilaku (Behavior) dan Pola Pikir (Mindset) Para Pelaku UMKM Cibodas Jasa Kota Tangerang Dalam Konteks Digital. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 2(2).