Pelatihan Menuju Pendidikan Inklusif Bagi Guru PAUD, KB, Dan TK Di Surabaya

Keywords:
pelatihan penerapan pendidikan inklusif; guru PAUD; guru KB; guru TKAbstract
Mitra dalam Program Kemitraan Masyarakat ini adalah Himpaudi Kota Surabaya. Total jumlah peserta yang diberikan pelatihan adalah sejumlah 100 orang. Masalah yang dihadapi mitra adalah kurangnya pemahaman guru mengenai pendidikan inklusif. Padahal untuk saat ini sekolah di Surabaya sebagian besar telah menjadi sekolah inklusif di mana sekolah tidak boleh menolak siswa, termasuk ABK. Pemberian pelatihan ini dilaksanakan secara luring di gedung serba guna SMPN 26 Surabaya. Adapun langkah-langkah pelaksanaan PKM ini adalah (1) tahap persiapan (2) pelatihan, (3) pendampingan, dan (4) evaluasi. Metode pelatihan yang digunakan adalah kombinasi ceramah, diskusi, praktik, dan studi kasus.
Downloads
References
Badiah, L. I. (2019). Pelaksanaan Program Bimbingan Pribadi Sosial Pada Siswa Autis Di SMAN 10 Surabaya. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi). https://doi.org/10.26740/inklusi.v2n2.p117-123
Hidayati, N. (2011). Dukungan Sosial Bagi Keluarga Anak Berkebutuhan Khusus. Insan, 13(1), 12-20
Mangunsong, F. (2009). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus.Jakarta: LP3TUI
Yuwono, J. (2016). Pembelajaran Komunikasi Anak Autis (Studi Kasus Pembelajaran Komunikasi Anak Autis dalam Area strategi Pembelajaran Individual pada dua Pusat Terapi EF dan BT di Jakarta). UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa).