Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Untuk Mengoptimalkan Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa

Authors

  • Achmad Wicaksono Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Jeziano Rizkita Boyas Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Achmad Zaki Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Nafia Ilhama Qurratu’aini Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

Keywords:

Aplikasi, Mendeley, Karya Ilmiah

Abstract

ABSTRAK

 

Kegiatan pengabdian ini mengangkat tema pelatihan Mendeley bagi seluruh mahasiswa di lingkungan Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo. Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh mahasiswa dalam menulis karya ilmiah adalah kesulitan dalam melakukan pengelolaan referensi, kutipan, dan daftar pustaka secara benar dan konsisten. Mahasiswa akan diberi pelatihan bagaimana cara menyusun kutipan dan daftar pustaka dengan memanfaatkan aplikasi Mendeley agar hasil penulisan karya ilmiah menjadi lebih baik dan bersumber dari pustaka yang benar. Metode yang dipakai dalam penyelenggaraan pelatihan ini adalah metode ceramah dan praktik. Hasil pelatihan memperlihatkan jika mayoritas peserta kegiatan merasa paham cara menyusun kutipan dan daftar pustaka melalui pemanfaatan aplikasi Mendeley. Selain itu peserta juga merasa semakin memahami bagaimana cara mencari sumber referensi pustaka yang sesuai untuk tulisan yang mereka susun.

 

Kata kunci :Aplikasi, Mendeley, Karya Ilmiah.

 

ABSTRACT

 

This service activity raised the theme of Mendeley training for all students at the Nahdlatul Ulama University in Sidoarjo. One of the problems that students often face in writing scientific papers is the difficulty in managing references, citations, and bibliography correctly and consistently. Students will be given training on how to compile citations and bibliography by utilizing the Mendeley application so that the results of writing scientific papers are better and sourced from the correct literature. The method used in organizing this training is the lecture and practice method. The results of the training show that the majority of activity participants feel they understand how to compile citations and bibliography through the use of the Mendeley application. In addition, the participants also felt that they understood more about how to find appropriate reference sources for the writing they were compiling.

 

Keywords : Application, Mendeley, Scientific Work.

References

DAFTAR PUSTAKA

Iskandar, -, & Patak, A. A. (2019). The significance of Mendeley usage on the accuracy of citation and references. International Journal of Humanities and Innovation (IJHI), 2(4), 108–114. https://doi.org/10.33750/ijhi.v2i4.51

Marito, W., Riani, N., Elfina, H., Fahruza Siregar, R., & Ramadhani, R. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Bagi Mahasiswa Dalam Penulisan Skripsi Di Upmi Medan. Jurnal Abdimas Upmi, 1(02), 1–4. https://journal.upmi.ac.id/index.php/JAU/article/view/357

Perdana, F. J. (2020). Statistka Dasar. Dimasejati, 2(1), 77–79.

Simarmata, J. E., Mone, F., & Kehi, Y. J. (2022). Introducing and Training of the Mendeley Application as a Reference Tool in Student Scientific Articles. 7(2), 790–796.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Sujarwati, I., Azwandi, A., & Syafryadin, S. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley dalam Pengelolaan Sitasi dan Referensi Karya Ilmiah. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v2i1.18303

Wicaksana, A. (2016). Pelatihan Mendeley Secara Online Bagi Mahasiswa Fikes Umaha Di Masa Pandemi Covid-19. JPPNu (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara), 2(1), 110–116. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Wicaksono, A. (2022). Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Mata Kuliah Praktik Perpajakan (Studi Kasus Pada Prodi Akuntansi Universitas Nahdlatul Ulama …. Journal of Educational Review and …, 5(2), 77–84. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JERR/article/view/3622

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles