Pelatihan Komunikasi Pemasaran Produk UMKM pada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo

 Abstract views: 43

Authors

  • Siswo Martono Universitas Dinamika
  • Mochammad Arifin Universitas Dinamika
  • Darwin Yuwono Riyanto Universitas Dinamika
  • Sulistiowati Universitas Dinamika

DOI:

https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.4.2.8168

Keywords:

Pelatihan, Komunikasi Pemasaran, Promosi Efektif, Keuntungan Kompetitif

Abstract

Pelatihan komunikasi pemasaran untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Sidoarjo merupakan sebuah inisiatif penting yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo. Pelatihan ini bertujuan untuk membantu UMKM memahami dan menerapkan strategi pemasaran yang efektif dalam meningkatkan penjualan, memperluas pasar, dan memperkuat citra merek mereka. Metode pelaksanaan pelatihan melibatkan beberapa tahapan, mulai dari koordinasi dengan mitra, identifikasi dan analisis situasi, hingga pengenalan dasar pemasaran dan materi terpadu mengenai komunikasi pemasaran. Selain itu, pendampingan juga dilakukan untuk memastikan pemahaman dan penerapan praktis dari materi pelatihan. Hasil dan pembahasan dari pelatihan tersebut menunjukkan pentingnya strategi pemasaran bagi UMKM. Strategi ini mencakup pemahaman pasar, penetapan harga yang tepat, promosi yang efektif, pelayanan pelanggan yang baik, serta penggunaan teknologi dan kerjasama dengan UMKM lain. Dampak positif yang dihasilkan dari pelatihan ini meliputi peningkatan pengetahuan dan keterampilan UMKM, peningkatan penjualan, perluasan pasar, peningkatan citra merek, penggunaan media sosial yang lebih efektif, dan peningkatan kepercayaan pelanggan. Manfaatnya juga mencakup peningkatan keberlanjutan bisnis, penciptaan lapangan kerja, mendorong inovasi, penguatan komunitas bisnis lokal, peningkatan pengetahuan komunitas UMKM, peningkatan daya saing regional, dan kontribusi keuangan pada tingkat daerah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

_Iisnawati, I. (2020). STRATEGI PEMASARAN DENGAN TEKNOLOGI DIGITAL (E-MARKETING MIX) BAGI UMKM DI DESA TANJUNG RAYA KECAMATAN SUKA MERINDU KABUPATEN LAHAT. Jurnal Pengabdian Sriwijaya, 8(2). https://doi.org/10.37061/jps.v8i2.12426

Dianti, N., & Widati, E. (2020). EVALUASI STRATEGI PEMASARAN DALAM USAHA MIKRO SOTO MIE BOGOR. Jurnal USAHA, 1(1). https://doi.org/10.30998/juuk.v1i1.287

F, T. F. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELI PADA PT. GOLFINDO ARTHA VISITAMA JAKARTA. Jurnal Manajemen, 8(3). https://doi.org/10.36546/jm.v8i3.374

Fardhani, R. N. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Untuk Menarik Minat Beli Produk Umkm Camilan Seblak Pedas Ceria Di Desa Bono Sedati Gede. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Febriana, B., & Setyanto, Y. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Coffee Broker dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan. Prologia, 3(1). https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6138

Mas’adi, M., Effendy, A. A., Nurhadi, A., Wicaksono, W., Wicaksono, W., & Murtiyoko, H. (2021). BERWIRAUSAHA DENGAN SEMANGAT KOLABORASI BERSAMA KURIR ONLINE PADA PELAKU UMKM DI WILAYAH RENI JAYA PAMULANG BARAT. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(2). https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i2.8844

Negoro, Y. P., & Jufriyanto, M. (2022). PELATIHAN DESAIN KEMASAN PRODUK FROZEN FOOD DENGAN SMARTMOCKUPS DAN APLIKASI CANVA PADA UMKM ASOSIASI SIDAYU. DedikasiMU : Journal of Community Service, 4(2). https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i2.3987

nurfadhilah. (2022). Koperasi Dan UMKM Sebagai Basis Ekonomi Rakyat (Siti Nurfadhilah 90500120063). Koperasi Dan UMKM Sebagai Basis Ekonomi Rakyat, 8.5.2017.

Purba, A. M., Arifin, A., Adela, F. P., & Ritonga, A. D. (2021). Pelatihan Strategi Komunikasi Pemasaran untuk Meningkatkan Pangsa Pasar Produk Dodol di Daerah Pasar Bengkel Kabupaten Serdang Bedagai. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(1). https://doi.org/10.30595/jppm.v5i1.8363

Sari, A. R., Lidyah, R., Nurhijrah, Kristanti, D., & Agusman, Y. (2023). SOCIAL MARKETING PROJECT PEMASARAN PRODUK UMKM PENJAHIT RUMAHAN MELALUI MEDIA SOSIAL DAN MARKETPLACE. Jurnal Pengabdian West Science, 2(02). https://doi.org/10.58812/jpws.v2i02.234

Supangat. (2021). STRATEGI MARKETING MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (ANALISIS DIGITAL SOCIAL MEDIA MARKETING) UAS E-BISNIS. Ekonomis: Journal of Economics and Business.

Wityasminingsih, E., Candra Fatihah, D., Zuarko Adji, W., Kustyanti Kusnadi, H., & Insani, S. (2023). Penyuluhan Kewirausahaan pada kegiatan UMKM Ibu-Ibu PKK di Kecamatan Batununggal. PADMA, 3(1). https://doi.org/10.56689/padma.v3i1.1020

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles