Penerapan Strategi Branding UMKM Desa Wage Kecamatan Taman Sidoarjo

 Abstract views: 18

Authors

  • Siti Samsiyah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • I Made Bagus Dwiarta Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Bisma Arianto Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Mutiara Rachma Ardhan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.4.2.8304

Keywords:

Strategi Branding, UMKM

Abstract

ABSTRAK

 

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berperan penting dalam meningkatkan perekonomian Indonesia. UKM tidak terpengaruh oleh tekanan eksternal sehingga mampu bertahan dan tumbuh ketika krisis melanda tahun 1997-1998. Hal ini disebabkan UKM memiliki intesitas tenaga kerja yang relatif tinggi dan jumlah investasi yang kecil sehingga lebih fleksibel dalam menghadapi perubahan pasar. Salah satu usaha untuk dapat meningkatkan keunggulan bersaing ditengah perkembangan teknologi yang pesat khususnya pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah dengan memaksimalkan potensi dari sumber daya manusia yang dimilikinya. Prioritas strategi bagi UMKM dalam usaha meningkatkan kinerjanya adalah inovasi produk dan memperluas  inovasi produk kreatif. Produk usaha akan meningkatkan brandingnya untuk meningkatkan pemasarannya agar dapat berkembang dan berekspansi ke usaha yang berskala lebih luas melalui perbaikan kemasan labeling. Kompetensi dan pengembangan   UMKM melalui digital, dapat disimpulkan bahwa mitra telah mampu melakukan inovasi, kreatifitas dan penerapan branding produk dan penjualan melalui online serta  memanfaatkan sebagai upaya dalam meningkatkan omset usaha mereka. Kegiatan ini adalah mitra dapat meningkatkan inovasi penjualan yang menarik, lebih semangat dan maksimal serta mengikuti jamannya teknologi yaitu dalam pengemasan/ branding produk.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

https://keltaman.sidoarjokab.go.id/index.php/artikel/2022/4/13/visi-dan-misi

Kotler, P., & Keller, K. (2021). Marketing Management (15th global edition). Pearson Education Limited.

Aaker, D. (2014). Aaker On Branding. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Durianto, D., Sugiarto, & Lie, J. B. (2014). Brand Equity Ten: Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 23 | Jurnal Administrasi Bisnis Volume 6

Nomor 1 Maret 2017

Sudarwati, Y., & Satya, V. E. (2013). Strategi Pengembangan Merek Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik, Vol. 4 No. 1., 89-101.

Prastiwi, N. D., & Khuzaini, K. (2016). Pengaruh Brand Image dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(3)

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles