Pentingnya Public Speaking Dan Negoisasi Bisnis Bagi UMKM Desa Wage Kecamatan Taman-Sidoarjo

 Abstract views: 49

Authors

  • Noerchoidah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Nurdina Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Yuli Kurnia Firdausia Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Moch. Munir Rachman Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • R Bambang D W Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.4.2.8318

Keywords:

Public Speaking, Negosiasi, UMKM

Abstract

Perkembangan UMKMi di Indonesia sebagai salah satu faktor yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja. Banyak faktor yang menjadi permasalahan dalam peningkatkan UMKM salah satunya yaitu kemampuan berkomunikasi yang menjadi sarana membangun kerja sama dan memperluas jaringan yaitu public speaking dalam promosi produk dan kemampuan bernegosiasi. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi, bahwa public speaking dan negosiasi sangat penting bagi perkembangan dan peningkatan kinerja UMKM. Metode yang digunakan untuk penyampaian materi yaitu metode ceramah yang diberikan dalam penyuluhan dan pendampingan. Alur kegiatan terstuktur mulai dari observasi, persiapan, penyuluhan, pendampingan, dan evaluasi. Materi yang disampaikan tentang public speaking dan kemampuan bernegosiasi. Hasil yang diperoleh dari pengabdian masyarkat menunjukkan antusiasme peserta yang cukup baik. Selain itu, pelatihan keterampilan public speaking dan negosiasi juga berdampak positif pada kepercayaan diri dan motivasi para pelaku UMKM. Mereka merasa lebih percaya diri dalam mempresentasikan produk atau layanan mereka di depan publik, dan kemampuan negosiasi yang cukup baik dengan pihak konsumen yang dapat membantu dalam memperluas jaringan bisnis dan memperoleh peluang baru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni Charismanur Wilfarda, Wulan Puspita Ningtiyas, N. M. A. (2021). Kebijakan Pemerintah Dalam Pemberdayaan UMKM Di Masa Pandemi. Journal of Government and Politics, 3(1), 47–65.

Hamdan, Y., Ratnasari, A., & Hirzi, A. T. (2015). Kemampuan Negosiasi Pengusaha Dalam Meningkatkan Kesepakatan Bisnis. MIMBAR, Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 31(1), 21. https://doi.org/10.29313/mimbar.v31i1.854

Harahap, E. F., Luviana, L., & Huda, N. (2020). Tinjauan Defisit Fiskal, Ekspor, Impor Dan Jumlah Umkm Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 151. https://doi.org/10.22216/jbe.v5i2.4907

Kirana, N. K., Sudayanti, D., & Ginanjar, S. E. (2023). Keterampilan Public Speaking dalam Peningkatan Performa UMKM di Kecamatan Rancasari Kota Bandung. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(3), 779–786. https://doi.org/10.54082/jamsi.736

Moeheriono. (2014). Pengukuran Kinerja Berbasisis Kompetensi. Rajawali Pers.

Sutisna. (2001). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Tazkiya, A., Aldiansyah, M., Sonia, G., & Saparingga, H. S. (2021). Meraih Keberhasilan Negosiasi Bisnis Melalui Keterampilan Berkomunikasi. Jurnal Sosial Sains, 1(5), 345–358. https://doi.org/10.36418/sosains.v1i5.74

Wardiah, I., Subandi, S., Kusitini, S., & Noor, M. H. (2020). Meningkatkan Daya Saing Produk Usaha Rumahan Keripik Singkong. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 17. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.847

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles