Pentingnya Kolaborasi Bagi UMKM Untuk Meningkatkan Daya Saing Desa Wage Kecamatan Taman Di Sidoarjo

 Abstract views: 41

Authors

  • Ferry Hariawan Adibuana
  • Siti Istikhoroh Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Subakir Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Mohamad Afrizal Miradji Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.4.2.8531

Keywords:

desa wage, UMKM, Kolaborasi, daya saing

Abstract

UMKM yang lebih dikenal dengan istilah Usaha Mikro Kecil Menengah adalah jenis usaha yang banyak dijalankan oleh warga desa wage kecamatan taman Sidoarjo. Usaha rumahan ini biasanya dikelola dengan seadanya tanpa memperhatikan aspek-aspek yang dapat meningkatkan nilai dan daya saing pada UMKM tersebut.

 

Dalam mengelola UMKM tidak hanya dibutuhkan tenaga dan waktu yang banyak, akan tetapi juga dibutuhkan kolaborasi dengan sesame UMKM maupun dengan pihak lainnya jika menginginkan untuk meningkatkan daya saing.

 

Melalui kolaborasi ini, pelaku UMKM dapat berbagi pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman mereka. Misalnya, UMKM dalam industri makanan dapat bekerja sama untuk mengembangkan produk baru yang unik atau berbagi strategi pemasaran yang efektif. Inovasi seperti ini dapat menghasilkan peningkatan penjualan dan keunggulan kompetitif dalam pasar yang penuh dengan persaingan.

 

Pelaku UMKM dapat melakukan kolaborasi ini dimulai dari rekan, kerabat atau dengan para pelaku UMKM lain yang dibentuk oleh desa sehingga dapat saling berbagi ilmu dan pengalaman dalam meningkatkan daya saing. Pelaksanaan pengabdian pada Masyarakat ini dibantu oleh mahasiswa Universitas PGRI Adi buana Surabaya dan Tim Pengabdian Pada Masyarakat Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Adi buana Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, R. T. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Collaborative Governance Dalam Pengembangan Industri Kecil (Studi Kasus Tentang Kerajinan Reyog Dan Pertunjukan Reyog Di Kabupaten Ponorogo) (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Faidati, F., Muthmainah, NF., (2019). Collaborative Governance Dalam Pengembangan UMKM di Era Revolusi Industri. Konferensi nasional ilmu administrasi. Politeknik STIA LAN Bandung.

Hariawan, F., Sawitri, AP., Lasiyono, U. (2023). Pelatihan Penyusunan Business Model Canvas Untuk Pengembangan UMKM Di Kelurahan Taman Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Ekobis Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4 (1), 65-72

Hariawan, F., Afkar, T., Purwanto, T., (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pemasaran Online Bagi UMKM Desa Banjarsari–Gresik. Ekobis Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3 (2), 39-45

Haryono, N. (2012). Jejaring untuk membangun kolaborasi sektor publik. Jurnal Jejaring Administrasi Publik, 4(1), 47-53.

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles