Penerapan Strategi Pemasaran Secara Digital bagi UMKM Desa Wage Kecamatan Taman Sidoarjo

Authors

  • Rina Fariana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Yuni Sukandani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Tri Ariprabowo Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Sugijanto Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.4.2.8553

Keywords:

pelaku usaha, Pemasaran Digital, teknologi informasi, UMKM

Abstract

Indonesia memiliki banyak pelaku UMKM dengan potensi pasar yang besar baik dalam negeri maupun internasional. Namun, masalah yang sering dialami oleh pelaku UMKM adalah terkait dengan pemasaran produk. Banyak pelaku UMKM yang kesulitan dalam menyampaikan produk mereka ke pasar yang tepat. Perlu pemasaran secara digital untuk mengatasi permasalahan jangkauan pemasaran yang masih terbatas. Dalam mengaplikasikan strategi pemasaran secara digital, UMKM perlu belajar dan merencanakan dengan matang. Pelaku UMKM dapat memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memperluas pasar produk mereka secara efektif dan efisien. Dengan mengaplikasikan strategi pemasaran secara digital, pelaku UMKM akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti membuka peluang pasar baru, biaya pemasaran yang lebih terjangkau, serta meningkatkan brand awareness. Oleh karena itu, sangat penting bagi pelaku UMKM untuk belajar dan merencanakan dengan matang dalam mengaplikasikan strategi pemasaran secara digital agar dapat memperluas pasar produk mereka secara efektif dan efisien. Perkembangan UMKM di Desa Wage Sidoarjo tergolong cukup pesat, terutama pada sektor kuliner dan kerajinan tangan. Namun demikian, masih diperlukan pengembangan lebih lanjut dalam hal ketersediaan infrastruktur teknologi yang memadai dan pemberdayaan SDM agar pelaku UMKM dapat mengoptimalkan pemasaran mereka. Pemasaran pelaku UMKM di Desa Wage sebagian besar hanya terbatas untuk masyarakat sekitar, sehingga hasil penjualan mereka masih belum bisa dibilang maksimal. Maka dari itu tim PPM FEB Universitas PGRI Adi Buana Surabaya memberikan pembekalan mengenai materi pentingnya pemasaran digital bagi  UMKM.   Tujuan  dari  kegiatan   ini  yaitu  meningkatkan penjualan UMKM dengan memanfaatkan pemasaran secara digital sehingga produk UMKM Desa Wage lebih dikenal masyarakat luas dan pemasarannya menjadi lebih tepat sasaran. Pada kegiatan PPM ini pelaku UMKM diberikan pembekalan bagaimana langkah-langkah melakukan pemasaran digital yang benar. Hasilnya pelaku UMKM di Desa Wage merasa sangat terbantu, karena setelah kegiatan PPM berjalan mereka dapat membuat konten yang menarik dan mengembangkan pemasaran secara digital serta meningkatkan penjualan mereka.

Author Biography

  • Rina Fariana, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
    Dosen Fakultas Ekonomi, Jurusan Akuntansi, Kepala Laboratorium Bank Mini, Kepangkatan Tenaga Pengajar

References

Natania, Abigael Tesalonika dan Dwijayanti, Renny. (2023). Pemanfaatan Platform Digital Sebagai Sarana Pemasaran Bagi UMKM. Jurnal Pendidikan Tata Niaga 11(3), 343-350. Surabaya: UNESA

Syukri, Adya Utami dan Sunrawali, Andy Nonong. (2022). Digital Marketing Dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. KINERJA : Jurnal Ekonomi dan Manajeman (JEBM) 19(1), 170-182. Samarinda: UNMUL

https://id.wikipedia.org/wiki/Wage,_Taman,_Sidoarjo diakses 22 Desember 2023, pukul 14.57 WI

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles