Pentingnya Strategi Social Selling Bagi UMKM Desa Wage Kecamatan Taman Di Sidoarjo

 Abstract views: 15

Authors

  • Didik Subijantoro Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Aristha Purwanthari Sawitri
  • Suhariyanto
  • Fachrudy Asj'ari
  • Edy Sulistiyawan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Dina Asmiati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Putri Issanti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.4.2.8622

Keywords:

Pemanfaatan Media Sosial, , Strategi e-bisnis, Bisnis UMKM

Abstract

ABSTRAK

Dalam menggerakkan perekonomian mikro kecil dan menengah, banyak masyarakat  menjadi pedagang kecil yang memasarkan suatu produk kepada orang lain. Mereka mencoba peruntungan nasib menjadi pedagang untuk mencari keuntungan. Beberapa pedagang menjual dagangannya di lapak dan lainnya ada yang menjual keliling. Banyak dari pedagang Indonesia belum memanfaatkan teknologi informasi untuk berjualan. Padahal teknologi informasi dapat dimanfaatkan hanya dari genggaman tangan salah satunya melalui media sosial.

Media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter dapat digunakan untuk menjual barang dagangannya. Kegiatan pengabdian ini memberikan informasi secara menyeluruh mengenai media sosial untuk para pedagang atau penggiat bisnis UMKM. Kegiatan ini akan memberikan juga strategi untuk memenangkan pangsa pasar dalam media sosial.

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat desa Wage Kecamatan Taman, yang berbisnis di UMKM untuk menjual bisnisnya secara online melalui media sosial. Pelaksanaan pengabdian pada Masyarakat ini dibantu oleh mahasiswa Universitas PGRI Adi buana Surabaya dan Tim Pengabdian Pada Masyarakat Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Adi buana Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Hariawan, F., Sawitri, AP., Lasiyono, U. (2023). Pelatihan Penyusunan Business Model Canvas Untuk Pengembangan UMKM Di Kelurahan Taman Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Ekobis Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4 (1), 65-72

Hariawan, F., Afkar, T., Purwanto, T., (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pemasaran Online Bagi UMKM Desa Banjarsari–Gresik. Ekobis Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3 (2), 39-45

Santoso, R. (2020). Review of Digital Marketing & Business Sustainability of E-Commerce During Pandemic Covid19 In Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan, 5(2), 36–48.

Setyorini, Dini, Ety Nurhayaty, and Rosmita Rosmita. Pengaruh Transaksi Online (E-Commerce) Terhadap Peningkatan Laba Umkm (Studi Kasus Umkm Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat).

Jurnal Mitra Manajemen. Vol. 3. No .5. 2019. Umar, Strategic Management in Action, Konsep, Teori, dan Teknik Menganalisis Manajemen Strategis Strategic Business Unit Berdasarkan Konsep Michael R. Porter, Fred R. David, dan Wheelan-Hunger. Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama. 2001.

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, April 2015, 327–337.

Downloads

Published

2024-01-11

Issue

Section

Articles