Workshop Modifikasi Teknologi Asistif dalam Pembelajaran Bagi siswa Berkebutuhan Khusus kepada Guru SLB Dharma Wanita Sidoarjo
Abstract views: 105DOI:
https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.5.1.8707Keywords:
modifikasi teknologi asistif, workshop, guru SLBAbstract
Sasaran pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) ini adalah guru SLB Dharma Wanita Sidoarjo berjumlah 50 orang. Melalui teknologi asistif, guru dapat mencoba berbagai pendekatan dan gaya pembelajaran untuk mencocokkan dengan preferensi belajar siswa, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih inklusif dan berdampak lebih besar. Modifikasi teknologi asistif memungkinkan guru untuk menyesuaikan konten dan metode pembelajaran dengan konteks kelas, tingkat kesulitan, dan kebutuhan siswa secara lebih fleksibel utamanya untuk siswa berkebutuhan khusus. Mengingat hal tersebut maka Workshop tentang Modifikasi Teknologi Asistif dalam Pembelajaran Bagi siswa Berkebutuhan Khusus ini sangat penting dilaksanakan. Workshop ini dilaksanakan dalam setting full online yang dilaksanakan pada 4 Oktober 2023 sd 6 Desember 2023. Adapun langkah-langkah pelaksanaan PPM ini adalah (1) perencanaan yang terdiri atas (a) koordinasi dengan mitra, dan (b) penyusunan materu, (2) pelaksanaan yang terdiri atas (a) pretest, (b) penyampaian materi dan pendampingan, (c) posttest. Metode workshop yang digunakan adalah kombinasi ceramah, diskusi, praktik, dan penugasan. Adapun luaran dari kegiatan ini adalah peningkatan skills guru dalam melakukan modifikasi teknologi asistif pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus.
Downloads
References
Amri, M. U. (2020). ASISTIF TEKNOLOGI TEXT TO SPEECH MICROSOFT ONENOTE PADA KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DISLEKSIA. Jurnal Pendidikan Khusus.
Arifin, M., & Widyastono, H. (2020). Studi Komparasi Negara Indonesia Dengan Negara Lain Tentang Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan Khusus Menggunakan Studi Komparasi Teknologi Asistif Negara Maju dan Berbasis Literasi. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology). https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2469
Damayanto, A., Ishartiwi, I., Handoyo, R. R., & Purwandari, E. (2021). Kondisi Pemenuhan Teknologi Asistif Bagi Anak Berkesulitan Belajar Spesifik (ABBS) di Sekolah. Jurnal ORTOPEDAGOGIA. https://doi.org/10.17977/um031v7i12021p62-67
Eviani Damastuti, M. P. (2021). Teknologi Asistif. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fadhiliya, L., Wibowo, T., Kustilah, S., & Setiaji, C. A. (2021). Workshop dan Pelatihan Metode-Metode Pembelajaran Bagi Guru di SMA Negeri 1 Petahanan, Kebumen. Surya Abdimas. https://doi.org/10.37729/abdimas.v5i4.1170
Febriani Yun, Y. (2021). pengembangan pembelajaran jarak jauh bidang kimia pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran kimia. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma. https://doi.org/10.26874/jakw.v2i1.97
Herviani, V. K., Kuncahyono, K., Suwandayani, B. I., Restian, A., Deviana, T., & Arifin, B. (2022). Pengembangan Teknologi Asistif “Dif-Able Apps” Untuk Mahasiswa dengan Hambatan Penglihatan dan Pendengaran. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus. https://doi.org/10.24036/jpkk.v6i1.617
Iswari, M. (PLB F. U. N. P. (2007). Pendidikan Kecakapan Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Repository.Unp.Ac.Id.
Rini, N., Darda, A., Abdulah, B., Febrianti, W., & Julianti, P. D. (2020). EFEK PELATIHAN PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN DESAIN GRAFIS, SABLON, DAN PERCETAKAN. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen. https://doi.org/10.37932/j.e.v10i2.103
Yaum, L. A., Marsidi, N., Citra, P., & Mais, A. (2022). Desain dan Pengembangan Teknologi Asistif Berbasis Aplikasi Speech Text Reading Converter For Conference (SPETRIC) untuk Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Disabilitas Rungu. Jurnal Ortopedagogia.
Yulaini, E., Pramika, D., Hodsay, Z., Rachmawati, D. W., Gunawan, H., Toyib, M., Permatasari, N., & Suryani, I. (2022). Pelatihan dan Workshop Kewirausahaan Berbasis Digital di Sekolah. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v5i1.7806