Rebranding Produk Olahan Pangan untuk Meningkatkan Daya Saing pada UMKM Desa Wage Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo

 Abstract views: 23

Authors

  • Aji Prasetyo Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Sigit Prihanto Utomo Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Martha Suhardiyah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Wira Yudha Alam Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.4.2.8709

Keywords:

rebranding, produk olahan pangan, UMKM Desa Wage, peningkatan daya saing.

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan penguatan brand pada produk olahan pangan UMKM Desa Wage Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo untuk meningkatkan daya saing. Kegiatan ini dilakukan dengan metode ceramah dan diskusi. Kegiatan ini dilakukan pada UMKM Desa Wage khususnya yang berproduksi olahan pangan yang merupakan produksi terbanyak dari UMKM Desa Wage tersebut. Kegiatan ini diharapkan mampu memberi pemahaman kepada UMKM Desa Wage bahwa dalam rangka meningkatkan daya saing tidak hanya cukup dengan produk yang sudah ada, namun apabila produk dirasa kurang penjualannya, salah satu upaya yang dapat dilakukan dengan rebranding produk tersebut yang dapat dilakukan dengan mengevaluasi hasil produksi, kemasan, hingga model pemasarannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitriana, E. N., dan Eprilianto, D. F. (2022). Peran Badan Usaha Milik Desa dalam Upaya Memajukan UMKM. Jurnal Publika, 10 (4), 1201-1214.

Melinda, T., et. al. (2023). Pelatihan Branding bagi UMKM Griya Kreative. Jurnal Abadimas Adi Buana, 6 (2).

Moka. (2020). Branding Produk: Definisi, Manfaat, dan Cara Agar Dikenal Konsumen. Blog.Mokapos.Com. https://blog.mokapos.com/cara-brandingproduk-sehingga-dikenal-konsumen.

Sudarwati, Y., & Satya, V. E. (2013). Strategi Pengembangan Merek Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik, 4 (1), 89–101

Trisna. (2023). UC Surabaya Dampingi UMKM di Desa Wage, Ini Tujuannya. https://portaltiga.com/baca-13361-uc-surabaya-dampingi-umkm-di-desa-wage-ini-tujuannya.

Tyasno, B. L., dan Anggalih, N. N. (2023). Rebranding UMKM Dapur Ricci’s sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing Produk Makanan. Jurnal Desgrafia, 1 (1), 67-69.

Yasmin, A. D., Damajanti, M. N., & Cindy Muljosumarto. (2019). Perancangan Strategi Branding Tape Madu Sari Sebagai Oleh-Oleh Khas Jember. Jurnal DKV Adiwarna, 1.

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles