Pendampingan Penyusunan Business Model Canvas Pada UMKM Nurul Ismiati Dengan Pendekatan Coaching
Abstract views: 94DOI:
https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.5.1.8880Keywords:
UMKM, Business Model Canvas, Strategi Bisnis, CoachingAbstract
Dunia bisnis yang terus berubah menuntut pelaku usaha untuk dinamis dan mampu menyesuaikan strategi bisnisnya. Tuntutan ini tidak hanya berlaku bagi perusahaan besar, namun juga bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). UMKM harus mampu memahami perubahan lingkungan bisnis dan mengenali peluang yang muncul dari perubahan tersebut. Kegiatan pendampingan UMKM ini memberikan pemahaman mengenai Business Model Canvas (BMC) kepada UMKM. Dengan memahami sembilan elemen BMC, UMKM dapat dengan lebih mudah mengenali perubahan lingkungannya, lalu menyusun strategi bisnis yang sesuai dengan situasi dan kondisi terkini. Kegiatan dilakukan dengan metode coaching, dimana UMKM tidak hanya diberi materi oleh narasumber, tetapi UMKM juga melakukan simulasi, mencoba mencari akar permasalahan bisnis mereka, serta menyusun strategi bisnis sebagai solusi dari permasalahan tersebut. Dengan pendekatan coaching ini, para pelaku UMKM mampu memahami proses BMC serta dapat menyusun model bisnis mereka secara mandiri, sehingga mereka dapat melakukan penyesuaian strategi bisnis di masa yang akan datang tanpa harus didampingi terus.
Downloads
References
Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur. (2019). Kelompok di Sidoarjo Berhasil Kembangkan Budidaya Gracilaria Hingga Jadi Produk Olahan. https://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/kelompok-di-sidoarjo-berhasil-kembangkan-budidaya-gracilaria-hingga-jadi-produk-olahan
Joyce, A., & Paquin, R. L. (2016). The triple layered business model canvas: A tool to design more sustainable business models. Journal of Cleaner Production, 135(November 2017), 1474–1486. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2016.06.067
Keliat, M., Sugianto, D. N., Yonvitner, Damanik, R., Noor, R., Lestari, I., Marzuki, F. R., Putra, R. D., Aryanti, D., Handayani, E. P., Lesdantina, D., Adrianto, L., Muawanah, U., & Fariza, F. (2022). Prospek Ekonomi Biru bagi Pemulihan Ekonomi Indonesia. In Laboratorium Indonesia 2045.
Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation. John Wiley & Sons, Inc.