Pengelolaan SDM Menuju Digitalisasi Marketing: Optimalisasi Potensi UMKM
Abstract views: 102DOI:
https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.5.1.9160Keywords:
Pengelolaan SDM,, Digitalisasi MarketingAbstract
Perkembangan teknologi yang sangat cepat mengubah peran manusia dalam melakukan pekerjaan dan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan. Menghadapi lingkungan yang sangat dinamis, pelaku UMKM dituntut untuk mampu menghadapi tantangan utamanya menghadapi kemajuan teknologi digital yang sangat pesat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu memberikan pengetahuan pengelolaan SDM untuk menuju digitalisasi marketing, salah satunya pemberian pelatihan bagi pelaku UMKM untuk membuka wawasan dan menambah ilmu mengenai dunia marketing dengan memanfaat dunia digital untuk meningkatkan kinerja UMKM di Kelurahan Sepanjang, Kecamatan Taman – Sidoarjo. Saat ini, ditemukan masih terdapat UMKM dalam pengelolaan usahanya masih melayani secara konvensional. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu dilakukan pengelolaan SDM kepada UMKM, salah satunya melalui pemberian pelatihan digital marketing. Pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui beberapa tahapan, dimulai dari observasi, persiapan, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi pelaksanaan. Hasil pengabdian diharapkan bisa memotivasi dan menciptakan SDM yang unggul di era digitalisasi untuk memahami pengetahuan tentang pentingnya digitalisasi marketing, memberikan pelatihan seperti pembuatan Facebook, Instagram, Linkedln, blog, web yang bermanfaat dalam memperluas jaringan bisnis dan memperoleh peluang baru.
Downloads
References
Dessler, G. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (10th ed.). PT Indeks.
Fang, S. R., Chang, E., Ou, C. C., & Chou, C. H. (2014). Internal market orientation, market capabilities and learning orientation. European Journal of Marketing, 48(1), 170–192. https://doi.org/10.1108/EJM-06-2010-0353
Harjanti, D., & Noerchoidah. (2017). The Effect of Social Capital And Knowledge Sharing on Innovation Capability. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 19(2), 72–78. https://doi.org/10.9744/jmk.19.2.72
Martaningtyas, N. U. (2023). Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Digital Marketing untuk Mencapai Kesuksesan dalam Berbisnis di Media Sosial Guna Memajukan Sektor UMKM. Mbic, 556–567.
Noerchoidah, & Eliyana, A. (2015). The Study Between Competence And Human Capital : Towards A Competitive Advantage. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM), 17(2), 14–17. https://doi.org/10.9790/487X-17221417
Noerchoidah, Eliyana, A., & Christiananta, B. (2020). Enhancing Innovative Work Behavior In The Hospitality Industry: Empirical Research From East Java, Indonesia. International Journal of Business and Society, 21(1), 96–110.
Noerchoidah, Estiasih, S. P., Zuhroh, R. S., Putri, Z., Ambarwati, A., Kinasih, S. P., & Maulana, D. (2023). Dasar-Dasar Kewirausahaan. CV. Mega Press Nusantara.
Noerchoidah, Evita Purnaningrum, Rina Fariana, & Subakir. (2020). Peningkatan Kualitas SDM Dalam Mendukung Pengembangan Desa Wisata Banjarsari Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Ekobis Abdimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 125–130. https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.1.2.3028
Noerchoidah, Harjanti, D., & Suprapto, W. (2021). Knowledge Sharing Dan Job Performance: Peran Mediasi Innovative Work Behavior. EKBIS: Analisis, Prediksi, Dan Informasi, 22(2), 135–159.
Noerchoidah, Nurdina, & Ariprabowo, T. (2022). Penguatan Kompetensi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Sebagai Penentu Kinerja Ukm. Buletin Bisnis & Manajemen, 08(01), 113–124. https://doi.org/10.4135/9781849209403.n73
Noerchoidah, Putri, S. P. E. R. S. Z. Z., Ambarwati, A., & Maulana, S. P. K. D. (2023). Dasar-Dasar Kewirausahaan. CV. Mega Press Nusantara.
Suprihati. (2021). Kesiapan Sumber Daya Untuk Meningkatkan UMKM Di Era Ekonomi Digital. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS, Desember, 128–133. https://prosiding.stie-aas.ac.id/index.php/prosenas/article/view/105/103
UKM, K. K. dan. (2022). Refleksi 2022 & Outlook 2023.