Pembuatan Video Profile sebagai Saluran Branding SD Antawirya Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo
Abstract views: 76DOI:
https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.5.1.9230Keywords:
video profile, branding, sekolah, promosiAbstract
Tak banyak sekolah yang mengenalkan lembaganya kepada masyarakat dengan menggunakan media video profile. Sebagian sekolah masih mengandalkan konten video berbasis vlog, seperti di Sekolah Dasar (SD) Antawirya (Islamic Javanese School) kecamatan Krian, kabupaten Sidoarjo. Video profile sebagai saluran branding penting bagi sekolah untuk mengenalkan lebih jauh tentang identitas sekolah kepada masyarakat. Apalagi media ini memiliki kekuatan dalam hal teknologi audio dan visual. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan edukasi tentang pentingnya video profile bagi sekolah sebagai bagian branding dalam mengomunikasikan visi dan misi sekolah. Metode yang digunakan adalah memberikan edukasi terkait branding dan video profile kepada tim sekolah, melakukan forum group discussion (FGD) terkait visi dan misi, serta pembuatan video profile sekolah. Dampak dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pihak sekolah memahami pentingnya video profile sebagai saluran branding dan lembaga sekolah diharapkan lebih dikenal masyarakat luas.
Downloads
References
Agus Aan Jiwa Permana, Ni Ketut Kertiasih, & I Putu Budhayasa. (2017). Video Profile sebagai Sarana Promosi Efektif dalam Menunjang Eksistensi Program Studi Manajemen Informatika. Jurnal Sains Dan Teknologi, 6(2), 238–247.
Azhar, A. (2011). Media Pembelajaran Jakarta. Rajawali Press.
Fatchurrohman, N., Crefioza, O., & Fitri, M. (2022). Pembuatan Video Profil Sebagai Pengabdian Kepada Masyarakat Di Kampung Tematik Kerajinan Arkilik Gunung Pangilun Kota Padang. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat 2022, 45–50.
https://sdantawirya.sch.id/index.php/sejarah/. (n.d.). Sejarah Sekolah. SD Antawirya. Retrieved June 26, 2024, from https://sdantawirya.sch.id/index.php/sejarah/
Norhikmah, N., & Rianda, F. R. (2023). Pelatihan dan Pemanfaatan Video Company Profile sebagai Media Promosi pada Taman Belajar di Karanganyar. Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 333–338. https://doi.org/10.54082/ijpm.243
Salsabili, M. A., & Eko Satriya Hermawan. (2022). Perkembangan Sekolah Dasar Antawirya (Islamic Javanese School) Junwangi Krian Sidoarjo Tahun 2015-2021. AVATARA, 12(2), 1–13.
Sipayung, Y. R., Rochmawati, N. I., Taufik Romandhoni, F., & Lestari, A. S. (2023). Pemanfaatan Video Profil Sebagai Sarana Promosi Dalam Meningkatkan Eksistensi TK Islam Al Mujahidin. Ngudi Waluyo Empowerment: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 48–55. http://e-abdimas.unw.ac.id/index.php/jfkp