Peningkatan Daya Saing UMKM Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi di Kelurahan Sepanjang Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo

 Abstract views: 154

Authors

  • Aristha Purwanthari sawitri Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Subakir Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Yuni Sukandani
  • Sigit Prihanto Utomo
  • Christina Menuk Sri Handayani

DOI:

https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.5.1.9231

Keywords:

pemasaran, digital, keberlanjutan

Abstract

Banyaknya pelaku usaha yang melakukan pemasaran secara konvensional membuat pelaku UMKM sulit untuk berkembang. Hal ini disebabkan karena kualitas internal usaha mikro kecil dan menengah yang masih rendah sehingga harus segera diperbaiki terutama mengenai penguasaan pemanfaatan teknologi informasi. Perubahan lingkungan usaha secara cepat dan tidak terpridiksi, mendorong pelaku usaha untuk terus berinovasi untuk dapat bertahan. Era Digitalisasi mendorong pelaku UMKM untuk dapat memanfaatkan teknologi agar dapat terus bertahan. UMKM yang berada di Kelurahan Sepanjang Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo cukup beragam, tetapi masih menggunakan pemasaran secara konvensional sehingga UMKM tidak dapat berkembang. Berdasarkan pada permasalahan tersebut, perlu dilakukan pelatihan dan pendampingan mengenai pemasaran digital.  Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini aalah untuk memberikan edukasi kepada pelaku UMKM mengenai pemasaran digital. Metode yang digunakan oleh tim pengabdian yaitu melalui pelatihan dan pendampingan. Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini adalah pelaku UMKM telah mampu mengoperasikan pemaaran digital secara mandiri

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basry, A., & Malays Sari, E. (2018). Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Pada Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM). Jurnal IKRA-ITH Informatika, 2(3), 53–60.

Farina, K., & Opti, S. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi Dan Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja UMKM. Jesya, 6(1), 704–713. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.1007

Kasmir. (2014). Kewirausahaan (Edisi Revisi). Rajawali Pers.

Novy, N. P., Dewi, C., Aditia, D., & Nasution, D. (2023). Pentingnya Penerapan E-Commerce Bagi Umkm Sebagai Salah Satu Bentuk Pemasaran Digital Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pijar Studi Manajemen Dan Bisnis, 1(3), 566–577. https://e-journal.naureendigition.com/index.php/pmb

Permana, I. P. H., Meinarni, N. P. S., Desnanjaya, I. G. M. N., Radhitya, M. L., & Winantha, K. R. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Bisnis UMKM. STMIK STIKOM Indonesia. https://stiki-indonesia.ac.id

Putra, A. P., & Syafrudin, R. (2021). Pendapatan Umkm Kota Banjarmasin Sebelum dan Sesudah Mengimplementasikan E-Commerce (Studi Kasus UMKM Binaan Dan Mitra Bank Indonesia KPW Kalimantan Selatan). JIEP: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Pembangunan, 4(1), 156–170.

Setiyani, A., Yuliyanti, T., & Rahmadanik, D. (2022). Pengembangan UMKM di Desa Pekarungan Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3).

Downloads

Published

2024-06-25

Issue

Section

Articles