Pelatihan Pengoperasian Website Karang Taruna Desa Buncitan Kabupaten Sidoarjo
Abstract views: 77DOI:
https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.5.1.9232Keywords:
pelatihan, webiste karang taruna, desa buncitan, pengabdian masyarakatAbstract
Desa Buncitan di Kabupaten Sidoarjo memiliki organisasi Karang Taruna yang aktif. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah Karang Taruna di desa Buncitan belum memiliki website untuk menginformasikan berbagai kegiatan Karang Taruna ke masyarakat setempat dan masyarakat umum. Oleh karena itu, pengurus karang taruna perlu dibuatkan sebuah website untuk memenuhi kebutuhannya. Namun, permasalahan yang dihadapi setelah adanya website adalah anggota karang taruna belum dapat mengoperasikan website karang taruna yang telah dibuat sehingga perlu adanya pelatihan pengoperasian website karang taruna di desa Buncitan agar anggota karang taruna terbiasa dengan fitur-fitur yang ada pada website. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam tiga sesi yaitu: a) sesi persiapan dengan konsolidasi antara dosen pelaksana PkM, asisten pelatih, dan ketua karang taruna, b) sesi pelaksanaan pelatihan kepada anggota karang taruna desa Buncitan secara tatap muka dengan materi pengoperasian fitur pada website, c) sesi evaluasi dengan cara pengisian angket oleh peserta pelatihan. Hasil evaluasi menunjukkan rata-rata nilai keseluruhan sebesar 4,71 dari skala 1 hingga 5, yang artinya peserta pelatihan cenderung sangat setuju bahwa pelatihan pengoperasian Website Karang Taruna bermanfaat dan berjalan dengan lancar. Pelatihan ini juga berdampak terhadap peningkatan keterampilan pengurus karang taruna dalam mengoperasikan website.
Downloads
References
Anggy Giri Prawiyogi, Tia Latifatu Sadiah, Andri Purwanugraha, P. N. E. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol. 5 No., 446–452.
Bachtiar. (2021). Desain dan Strategi Pelaksanaan Program Pelatihan. Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(2), 132–133. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2479377%0Ahttps://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/3028/869
Fattah, F., & Azis, H. (2021). Pemanfaatan Website Sebagai Media Penyebaran Informasi Pada Desa Tonasa Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar. Ilmu Komputer Untuk Masyarakat, 1(1), 15–20. https://doi.org/10.33096/ilkomas.v1i1.771
Handyana, S. W., Waloejo, H. D., & Hidayat, W. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Peacockoffie Gombel Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12(1), 43–50. https://doi.org/10.14710/jiab.2023.36803
Juana, M., & Nursafitri, L. (2022). Proses Pembelajaran Tatap Muka di Tengah Wabah Covid- 19 di MTs Al-Iman Way Jepara. Jurnal Pengembangan Profesi Guru, 1(1), 1–23.
Nurhayati, Asfia & Atmaja, H. E. (2021). Efektifitas Program Pelatihan dan Pengembangan Terhadap Kinerja Karyawan. University Press, 18(1), 24–30.
Rahayu, W. I., & Shafina, M. R. (2022). Aplikasi Analisis Kelayakan Sistem Untuk Pengukuran UsabilityDengan Menerapkan Metode Use Questionnaire. Jurnal Teknik Informatika, 14(3), 152.
Ratnaningsih, A., Hidayat, A. N., Nugrahaini, W., Asti, R., Nurul, I., Sa’idah, Iga, A., Sedya, W., Wati, N. S., Oktavioleta, A., Tama, A. W., & Ardiyanto, Y. (2023). Pemanfaatan Website Sebagai Media Penyebaran Informasi Di Desa Pogungrejo. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, X(2), 1211–1216. https://doi.org/10.31949/jb.v4i2.4739
Safitri, N. A., Ilmiawan, M. F., Islami, D., Khadavi, M., & Ansori, M. I. (2024). Pelatihan dan Pengembangan Untuk Meningkatkan Keterampilan Karyawan Era Digital. Jurnal Riset Dan Inovasi Manajemen, 2(2), 95–110.
Salvator, M., & K. Heremba, N. (2023). Efektivitas Penyebaran Informasi Publik Melalui Website oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ngada. Jurnal Terapan Pemerintahan Minangkabau, 3(1), 42–55. https://doi.org/10.33701/jtpm.v3i1.3137
Setiawan, D. A., Husen, I. A., Yuliansyah, R., & Wasif, S. K. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan Konsumen Gojek. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(9), 3131–3147.
Sulistiowati, S., Muvid, M. B., Soebijono, T., Hafidz, M. Al, & Purnomo, F. L. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Online Bagian Kemahasiswaan Berdasarkan Persepsi Mahasiswa pada Universitas Dinamika. Majalah Ekonomi, 25(2), 44–50.
Wahyuningsih, S. (2019). Pengaruh Pelatihan dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan. Jurnal Warta, 60(April), 91–96.