Strategi Peningkatan Penjualan Melalui Pelatihan Teknik Pembuatan Kemasan Produk Pada UMKM Di Kelurahan Sepanjang Kecamatan Taman - Sidoarjo
Abstract views: 71DOI:
https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.5.1.9240Keywords:
pelatihan, kemasan produk, peningkatan penjualanAbstract
Kunci penjualan produk adalah pengembangan bentuk kemasan serta visualisasi desain produk kemasan yang mampu meningkatkan daya tarik penjualan. Permasalahan kemasan juga terjadi pada pelaku usaha yang berada di Kelurahan Sepanjang Kecamatan Taman - Sidoarjo. Sebagian besar pelaku usaha terutama yang bergerak di bidang makanan memiliki kemasan yang sederhana, bahkan tanpa merek. Kemasan hanya dijadikan sebagai pelindung produk saja agar mudah dibawa dan tahan lama. Program pelatihan ini bertujuan untuk mengedukasi dan meningkatkan keterampilan masyarakat terkait teknik pembuatan kemasan produk. Metode Pelaksanaan yang dilakukan adalah dengan penyuluhan dan pelatihan terkait teknik dalam membuat kemasan produk serta melakukan pendampingan dalam proses pembuatan kemasan produk. Program pengabdian kepada masyarakat pada pelaku usaha (UMKM) di Kelurahan Sepanjang Kecamatan Taman - Sidoarjo ini terselenggara dengan hasil yang baik. Antusiasme yang cukup tinggi dari pelaku usaha turut mendukung keberhasilan program yang dijalankan. Penguasaan dalam strategi pengemasan produk dapat membantu pelaku usaha dalam upaya untuk meningkatkan penjualan produk
Downloads
References
Anasrulloh, M., dan Basiron. (2017). Pelatihan Pembuatan Kemasan (Packaging) Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Olahan Kue Kacang Emping Melinjo. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), Vol.5, No.1, hal.26–30. https://doi.org/10.31227/osf.io/7nbkr.
Dewi, T. A., Ningrum, dan Rahmawati, Y. (2020). Pelatihan Packaging Kain Flanel Di Panti Asuhan Muhammadiyah Budi Utomo Metro. Pelatihan Packaging Kain Flanel Di Panti Asuhan Muhammadiyah Budi Utomo Metro, Vol.2, hal. 348–353.
Dinnullah, R. N. I., Irawan, N. D., Nurdin, S., dan Susilo, D. A. (2022). Peningkatan Produktivitas Petani Kopi Melalui Sekolah Lapang Kopi dan Workshop Packing Process Berbasis Pemberdayaan Masyarakat. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia). Vol.3, No.1, hal. 38–46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36596/jpkmi.v3i1.222
Gonzalez, M.P., Thorhsbury S., & Twede D. 2007. Packaging as a tool for product development: Communicatingvalue to consumers. Journal of Food Distribution Research, Vol 38, No.1, hal. 61-66.
Kemal, A., Dwiyan, P., Ahmad, H., Muhammad, S., Frally, F., dan Oktivasari, P. (2019). Pelatihan Packaging Dan Pemasaran Umkm Online Di Desa Sindangmulya, Kabupaten Bekasi. Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol.2, No.2, 39–42. https://doi.org/10.32722/mapnj.v2i2.2695
Khotler, Philip, dan Susanto, A. (2000). Manajemen Pemasaran di Indonesia Analisis Perencanaan Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.
Maryama, S., Yandri, P., dan Istimal, I. (2018). Pelatihan Pembuatan Packaging Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Di Kota Tanggerang Selatan. SEMBADHA, Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1, No. 1, hal. 156–159. http://jurnal.stan.ac.id/index.php/sembadha/article/download/365/255.
Nursidiq, C.,dan Iftayani, I. (2020). Pelatihan Packaging Dan Pendampingan Pemasaran Online Bagi UMKM Yangko Anindita Purworejo. Proceeding of The 12th University Research Colloquium 2020: Pengabdian Kepada Masyarakat, hal.99–104.
Wells, L. E., Farley, H., dan Armstrong, G. A. 2007. The importance of packaging design for own-label foodbrands. International Journal of Retail and Distribution Management, Vol.35, No. 9, hal. 677-690.
Kompasiana, “Inovasi Kemasan Sebagai Langkah Inovatif Untuk UMKM? -Kompasiana.com,”2021. https://www.kompasiana.com/nicholas115180081/60b8d6ec8ede485596764f72/inovasi-kemasan-sebagai-angkah-inovatif-untuk-umkm#google_vignette (accessed Apr. 26, 2023).