https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/ekobisabdimas/issue/feed Ekobis Abdimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2022-06-30T23:14:22+07:00 Aristha ekobisabdimas@unipasby.ac.id Open Journal Systems https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/ekobisabdimas/article/view/5413 Pembuatan Konten Media Pembelajaran Berbasis Multimedia bagi Guru SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo 2022-04-16T11:26:54+07:00 Sunyoto Hadi Prayitno rahmawatiens.srf@unipasby.ac.id Eko Sugandi rahmawatiens.srf@unipasby.ac.id Nur Fathonah rahmawatiens.srf@unipasby.ac.id Rani Kurnia Putri rahmawatiens.srf@unipasby.ac.id Sri Rahmawati Fitriatien rahmawatiens.srf@unipasby.ac.id <p><em>This community service program aims to add and improve teacher skills in creating multimedia-based learning media content and can develop interactively. Through this service activity, teachers at SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo can use Quizizz as an alternative interactive media used in limited online and offline learning. This service activity is carried out offline by a team of lecturers for the Mathematics Education study program at Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. The target of the activity is all teachers who are divided into various subject teachers. This activity received full support from the principal and all teachers so that it could run well and smoothly starting from the observation of the activity to the end of the activity.</em></p> 2022-07-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Ekobis Abdimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/ekobisabdimas/article/view/5477 Pelatihan Penggunaan Aplikasi Website Company Profile Pada BARA 82 Resto Surabaya 2022-05-13T16:56:33+07:00 Sulistiowati Sulistiowati sulist@dinamika.ac.id Hardman Budiardjo sulist@dinamika.ac.id Mario Angelo Kevin B.L. sulist@dinamika.ac.id Aldo Julianto sulist@dinamika.ac.id Aditya Nurbiyantoro sulist@dinamika.ac.id <p>BARA 82 Resto Surabaya adalah salah satu restoran yang ada di Surabaya. Selama ini BARA 82 Resto Surabaya menjual makanan dan minuman secara <em>offline</em>. Pada saat ini BARA 82 Resto Surabaya ingin mengembangkan usahanya dengan penjualan secara <em>online</em> melalui <em>website company profile</em> sebagai media promosi. Oleh sebab itu diberikan penyelesaian dengan pembuatan aplikasi <em>website</em> <em>company profile</em> pada&nbsp; BARA 82 Resto Surabaya. Permasalahannya pemilik dan pegawai belum dapat menggunakan aplikasi tersebut, sehingga diberikan solusi Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) berupa pelatihan penggunaan Aplikasi website <em>company profile</em> pada&nbsp; BARA 82 Resto Surabaya. Ada tiga tahap dalam pelatihan yaitu tahap persiapan meliputi observasi serta instalasi aplikasi <em>website company profile</em>, tahap pelaksanaan meliputi pelatihan penggunaan aplikasi <em>website company profile</em>, dan tahap evaluasi meliputi penyebaran kuesioner kepada pemilik dan pegawai untuk mengetahui kebermanfaatan dari pelatihan. Materi pelatihan meliputi <em>dashboard</em> untuk visualisasi informasi, Halaman&nbsp; untuk mengelola menu, menu tambah <em>post</em> untuk menambah menu promo, menu <em>upload</em> gambar, dan menu <em>inbox</em> untuk memantau&nbsp; pesanan&nbsp; dari pelanggan. Hasil evaluasi diperoleh bahwa pelatihan sangat bermanfaat untuk pemilik dan pegawai Bara 82 Resto Surabaya.</p> <p>&nbsp;</p> 2022-07-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Ekobis Abdimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/ekobisabdimas/article/view/5564 Pelatihan Penyusunan Dan Analisis Laporan Keuangan Bagi Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) Di Desa Porodeso, Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan 2022-06-01T09:13:43+07:00 Have Zulkarnaen havezulkarnaen@unisda.ac.id Novi Darmayanti darmayantinovi779@gmail.com Fatichatur Rachmaniyah fatichaturrachmaniyah@unisda.ac.id Siti Shoimah sitishoimah@unisda.ac.id <p>Program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan tujuannya untuk memberikan wawasan<br />dan ketrampilan pengelola BUMDes di Desa Porodeso-Lamongan agar mampu mengelola<br />keuangan dengan baik serta melaukan pengembangan usaha. Pengelola BUMDes harus siap dalam kondisi apapun dengan berbagai macam tantangan yang menghadang. Perencanaan keuangan yang baik sangat dperlukan dimana harus bisa mewujudkan kesejahteraan baik untuk usaha atau untuk masyarakat. Metode yang dilakukan dalam program ini adalah memberikan penyuluhan dan pendampingan mengenai perencanaan keuangan pada pengelola BUMDes sampai pada tahap aplikasi sederhana namun dapat dipahami. Hasil program pengabdian masyarakat ini memberikan solusi sederhana untuk bersikap hati-hati dalam mengelola keuangan dengan memperhatikan beberapa kemungkinan terburuk. Peserta merasa mendapatkan solusi ketika ingin merencanakan keuangan dan dapat mengambil keputusan yang tepat dalam menghadapi permasalahan.</p> <p><strong>Kata Kunci </strong>: Perencanaan Keuangan, BUMDes, Analisis Laporan Keuangan</p> 2022-07-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Ekobis Abdimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/ekobisabdimas/article/view/5690 Pemberdayaan Anak Panti Asuhan Melalui Pelatihan Pengolah Kata dan Pengolah Angka di Panti Asuhan Benih Kasih Surabaya 2022-06-17T16:05:39+07:00 Haryanto Tanuwijaya haryanto@dinamika.ac.id Tjandrarini asteria@dinamika.ac.id <p>Panti Asuhan Benih Kasih (PABK) merupakan lembaga sosial <a href="https://id.wikipedia.org/wiki/Nirlaba">nirlaba</a> yang menampung, mendidik, dan memelihara anak-anak yatim, yatim <a href="https://id.wikipedia.org/wiki/Piatu">piatu</a>, dan anak terlantar di kota Surabaya. Kegiatan yang dilakukan PABK antara lain mengasuh dan memberikan pendidikan kepada anak-anak untuk bekal berkehidupan mandiri kelak. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, PABK menyediakan sarana komputer untuk anak-anak asuh sebagai media belajar menggunakan perangkat lunak yang telah disediakan. Namun pada kenyataannya, anak-anak jarang memanfaatkan fasilitas komputer karena belum berlatih menggunakan perangkat lunak sesuai perkembangan teknologi informasi. Padahal PABK menginginkan agar anak-anak memiliki keterampilan komputer dan dapat diberdayakan sebagai saran latihan sebelum bekerja di berbagai perusahaan setelah lulus sekolah menengah atas kelak.</p> <p>Berdasarkan permasalahan belum adanya pelatihan intensif penggunaan komputer selama ini, maka solusi yang ditawarkan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pelatihan pengolah kata dan pengolah angka kepada anak-anak PABK dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan anak-anak menggunakan pengolah kata dan pengolah angka. Pelatihan pengolah kata dan pengolah angka ini dilakukan dengan metode Demonstrasi dan Praktik Langsung.</p> <p>Pelatihan pengolah kata dan pengolah angka dalam pengabdian kepada masyarakat ini telah berjalan baik dan lancar yang ditunjukkan dari rata-rata nilai angket sebesar 3,70. Seluruh peserta menyatakan bahwa pelatihan sangat bermanfaat bagi mereka yang ditunjukkan dari nilai angket 4,0. Bahkan para peserta menginginkan waktu pelatihan yang lebih lama yang ditunjukan dari nilai angket 3,31 dan waktu praktik yang lebih banyak dari nilai angket 3,46. Pelatihan ini dapat membantu PABK dalam memberdayakan anak-anak panti asuhan untuk memperoleh pengalaman dan keterampilan agar siap terjun ke dunia kerja kelak</p> 2022-07-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Ekobis Abdimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/ekobisabdimas/article/view/5732 Transformasi Praktik Bisnis UMKM Kelurahan Sepanjang, Kecamatan Taman - Sidoarjo 2022-06-21T12:43:41+07:00 Noer Choidah noerchoidah@unipasby.ac.id Aji Prasetyo aji.estiga@gmail.com Rina Fariana rinafariana@unipasby.ac.id Siti Samsiyah sitisamsiyah@unipasby.ac.id <p>Pandemi COVID-19 berdampak pada situasi yang tidak menguntungkan bagi UMKM. Banyak UMKM sulit bertahan hidup. UMKM harus mampu dengan cepat menyesuaikan strategi bisnisnya dengan transformasi bisnis. Permasalahan yang dihadapi UMKM Kelurahan Sepanjang, Kecamatan Taman – Sidoarjo masih banyak pelaku UMKM dalam memasarkan produknya menggunakan strategi pemasaran konvensional, sedangkan yang menggunakan pemasaran secara <em>online</em> (Instragram, <em>Facebook</em>, dan <em>whatsapp</em>) masih terbatas dan belum menunjukkan hasil penjualan yang signifikan. Tujuan pengabdian kepada masyarakat dilakukan untuk memberikan solusi berupa sosialisasi bagi pelaku UMKM pemasaran digital dan memberikan pelatihan dan pendampingan penerapan bisnis <em>online</em>. Program pengabdian kepada masyarakat mendapat respon positif dari pelaku UMKM, Karang Taruna, dan warga setempat. Hasil program yang telah dilaksanakan menunjukkan peningkatan pengetahuan pemasaran digital dan kemandirian pelaku UMKM untuk memasarkan produknya melalui <em>marketplace</em> di Shopee.</p> 2022-07-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Ekobis Abdimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/ekobisabdimas/article/view/5789 Jeli Melihat Potensi Pasar 2022-06-27T13:24:57+07:00 Moh Afrizal Miradji afrizal.unipa@gmail.com Nurdina afrizal@unipasby.ac.id Martha Suhardiyah afrizal@unipasby.ac.id Suharyanto afrizal@unipasby.ac.id Edi Sulistyawan afrizal@unipasby.ac.id <p>Tujuan dilaksanakannya pengabdian masyarakat di Dukuh Menanggal Surabaya ini adalah untuk memberikan keterampilan pada UMKM di RW 7 kelurahan Taman,kecamatan Sepanjang Sidoarjo , untuk memperoleh pengetahuan tentang Target pasar, sangat penting untuk meningkatkan&nbsp; penjualan produk. Target pasar akan membantu kita untuk membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan calon pembeli, dan memasarkan produk sesuai dengan kebiasaan mereka.&nbsp;Untuk mengetahui target pasar,&nbsp; harus terlebih dahulu menentukan segmentasinya, baik dari sisi geografi, demografi, maupun ekonomi. dengan menggunakan data yang tepat,&nbsp; akan memiliki target pasar yang jelas</p> 2022-07-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Ekobis Abdimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/ekobisabdimas/article/view/5808 Strategi Peningkatan Kualitas Dan Kontinuitas Produk UMKM Kelurahan Sepanjang Sidoarjo 2022-06-28T22:39:34+07:00 Mutiara Rachma Ardhiani mutiara@unipasby.ac.id I Made Bagus Dwiarta mutiara@unipasby.ac.id Fachrudy Asj’ari mutiara@unipasby.ac.id Yuni Sukandani mutiara@unipasby.ac.id <p>Kementerian Ketenagakerjaan menyebutkan bahwa jumlah penduduk yang terdapak pandemi Covid-19 sebanyak 29,4 juta orang. Sekitar 88% perusahaan yang terkena dampak pandemi mengalami kerugian. Kerugian ini juga terjadi pada perusahaan UMKM. UMKM yang mengalami penurunan permintaan, produksi dan keuntungan sebesar 90% dan sekitar 30 juta UMKM bangkrut selama pandemi. Salah satu strategi UMKM agar dapat bertahan adalah dengan meningkatkan kualitas produk agar menjamin permintaan dan pembelian produk dan dapat membuat produk lebih kompetitif. Pendekatan yang diterapkan dalam pengelolaan kualitas terdiri dari melakukan penelitian dan pengembangan produk, mengamati siklus hidup produk, <em>Total Quality Management</em>, penggunaan atribut produk yang menarik, dan menerapkan diferensiasi produk.</p> 2022-07-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Ekobis Abdimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/ekobisabdimas/article/view/5805 Optimalisasi Strategi Digital Marketing Pada UMKM “Tenun Tradisional Manggarai” 2022-06-29T08:24:37+07:00 Dyan Angesti dyan_angesti@stikes-yrsds.ac.id Adventina Lupita Jehomo dyan_angesti@stikes-yrsds.ac.id Rohmawati Hanifah dyan_angesti@stikes-yrsds.ac.id Kandida Junita Harum dyan_angesti@stikes-yrsds.ac.id Qanitah dyan_angesti@stikes-yrsds.ac.id Ika Frida Oktaviani dyan_angesti@stikes-yrsds.ac.id Fibrina Rizqiyy dyan_angesti@stikes-yrsds.ac.id Muhammad Fawaid dyan_angesti@stikes-yrsds.ac.id <p>UMKM Tenun Tradisional Manggarai merupakan salah satu UMKM yang bergerak di bidang usaha kain tenun di Desa Orong, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur yang juga mengalami penurunan penjualan sebagai dampak dari pandemi Covid19. Oleh sebab itu solusi yang diberikan adalah Optimalisasi Strategi Digital Marketing pada UMKM&nbsp; “Tenun Tradisional Manggarai”. Permasalahan berikutnya adalah pelaku UMKM “Tenun Tradisional Manggarai” dalam memasarkan produknya masih tradisional dari mulut ke mulut dan stand di depan rumah masing-masing, sehingga pada pelaksana Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) memberikan pelatihan Optimalisasi Strategi Digital Marketing pada UMKM&nbsp; “Tenun Tradisional Manggarai” dan bagaimana mengoperasikan Media Sosial sebagai media pemasaran<em>&nbsp; </em>kepada pelaku UMKM “Tenun Tradisional Manggarai”secara daring dan luring. Metode pelaksanaan pelatihan dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Tahap persiapan berupa observasi dan instalasi, tahap pelaksanaan berupa pelatihan mengoperasikan aplikasi, dan tahap evaluasi berupa penyebaran wawancara kepada pelaku UMKM “Tenun Tradisional Manggarai” untuk mengetahui kebermanfaatan dari pelatihan. Hasil dari tahap evaluasi diperoleh bahwa pelatihan Optimalisasi Strategi Digital Marketing pada UMKM&nbsp; “Tenun Tradisional Manggarai” sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM “Tenun Tradisional Manggarai”.</p> 2022-07-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Ekobis Abdimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/ekobisabdimas/article/view/5810 Pelatihan Teknik Pomodoro bagi Unit EDP Koperasi Konsumen Setia Bhakti Wanita Jawa Timur dalam Pengaturan Jadwal Pembuatan Program Manajemen Keanggotaan Koperasi 2022-06-29T12:25:37+07:00 Teguh Sutanto teguh@dinamika.ac.id Tutut Wurijanto teguh@dinamika.ac.id Anjik Sukmaaji teguh@dinamika.ac.id Henry Bambang teguh@dinamika.ac.id <p>Koperasi Konsumen Setia Bhakti Wanita Jawa Timur (Kopmen SBW) saat ini sedang mengembangkan program Manajemen Keanggotaan. Permasalahan yang dialami Kopmen SBW adalah: (1) Unit EDP (programmer) kesulitan menentukan pekerjaan yang harus diselesaikan pada hari ini, (2) Kasie EDP tidak bisa memantau progress pengembangan program, (3)Kasie EDP kesulitan melakukan perubahan strategi jika terjadi ketidak sesuaian antara target dengan hasil kerja Unit EDP dalam pengembangan program. Beradasarkan hal tersebut maka perlu dilakukan peningkatan kemampuan Unit EDP dalam memanajemen waktu. &nbsp;Upaya peningkatan kemampuan tersebut dilakukan dengan kegiatan pelatihan manajemen waktu personal menggunakan Teknik Pomodoro. Hasil pelaksanaan kegiatan pelatihan diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan tersebut di atas dan dapat meningkatkan produktivitas <em>Programmer</em> dalam mengembangkan program Manajemen Keanggotaan.&nbsp;</p> <p><strong>Kata kunci </strong>: manajemen waktu, pomodoro, produktivitas.</p> 2022-07-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Ekobis Abdimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/ekobisabdimas/article/view/5825 Aspek Finansial Sebagai Pondasi Utama Bisnis di Lingkungan Warga Sepanjang, Kecamatan Taman, Sidoarjo 2022-06-30T02:18:56+07:00 Fauziyah basta.fauziyah@unipasby.ac.id Taudlikhul Afkar afkar@unipasby.ac.id Ferry Hariawan ferry@unipasby.ac.id Siti Istikhoroh istikhoroh@unipasby.ac.id Subakir subakir@unipasby.ac.id <p>Program pengabdian masyarakat yang dilakukan ini tujuannya untuk memberikan pengetahuan mengenai pentingnya aspek keuangan dalam mengelola suatu bisnis. Lokasi program pengabdian masyarakat ini berada di Sidoarjo tepatnya di lingkungan warga Sepanjang. Metode pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah dengan cara penyuluhan dan pendampingan secara mendalam dengan memperhatikan kebutuhan tiap-tiap peserta yaitu pemilik usaha mikro di lingkungan warga Sepanjang-Sidoarjo. Program ini dilaksanakan selama 3(tiga) bulan dengan memberikan penyuluhan dii bulan pertama, selanjutnya melakukan pendampingan pada usaha-usaha mikro dan kecil di Sepanjang-Sidoarjo. Hasil program pengabdian ini membebrikan dampak positif pada lingkungan warga Sepanjang-Sidoarjo karena mendapatkan pengetahuan mengenai aspek keuangan yang sangat penting sebagai pondasi untuk keberlangsungan suatu bisnis.</p> 2022-07-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Ekobis Abdimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/ekobisabdimas/article/view/5835 Teknik Pemasaran Berbasis Media Sosial Di Kelurahan Sepanjang, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo 2022-06-30T16:27:32+07:00 Nashrudin Latif nashrudin@unipasby.ac.id Wira Yudha Alam nashrudin@unipasby.ac.id Teguh Purwanto nashrudin@unipasby.ac.id Untung Lasiyono nashrudin@unipasby.ac.id <p>Media sosial tengah mendapatkan perhatian utama bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) sebagai sarana pemasaran. Penetapan sebagai media pemasaran, aplikasi media sosial memberikan dampak kemudahan pelaku usaha untuk menawarkan produk atau jasa secara massif sehingga penetrasi pasar lebih meluas dibandingkan cara manual sebelumnya yaitu penjualan secara langsung dimana mempertemukan penjual dan pembeli. Potensi penggunaan media sosial membutuhkan keahlian dan ketrampilan, maka untuk mengoptimalkannya dibutuhkan pelatihan sebagai teknik memasarkan produk atau jasa melalui media sosial, mengingat tidak semua pelaku usaha mampu menggunakan aplikasi yang tersedia.&nbsp; Teknik pemasaran mencakup bagaimana menciptakan konten kreatif, memaksimalkan frekuensi unggahan, pengaturan data base dan penggunaan media sosial berdasarkan tipikalnya. penetapan&nbsp; Maka sosialisasi optimalisasi media pemasaran melalui media sosial yang tersedia dan diperlukan bagi masyarakat kelurahan Sepanjang diselenggarakan guna memberikan dampak positif bagi kinerja usaha yang tengah dilakukannya. Upaya penyuluhan ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran penggunaan media sosial dengan tepat sasaran sesuai audien pasarnya dan bijak dalam memilih konten sesuai karakteristik media sosial yang dipilihnya.</p> 2022-07-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Ekobis Abdimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/ekobisabdimas/article/view/5829 Pentingnya Penerapan Pola Pikir Entrepreneurship Pada Masyarakat Guna Menghadapi Kehidupan Normal Baru 2022-06-30T14:47:18+07:00 Evita Purnaningrum purnaningrum@unipasby.ac.id Sutama Wisnu Dyatmika purnaningrum@unipasby.ac.id Moch. Munir Rachman purnaningrum@unipasby.ac.id Bayu Adi purnaningrum@unipasby.ac.id Sigit Prihanto Utomo purnaningrum@unipasby.ac.id <p style="font-weight: 400;">Fase Pemulihan setelah pandemi terjadi di berbagai sektor dan seluruh lapisan masyarakat. Berbagai cara dilakukan untuk memperbaiki keadaaan terutama perekonomian dan mengkaji apa solusi yang tepat untuk preventif terkait pandemi. Salah satunya adalah peningkatan kegiatan wirausaha di masyarakat yang berakar di area keluarga. Untuk itu diperlukan penanaman pola pikir terkait wirausaha yang dapat dikelola sendiri oleh keluarga. Kegiatan pengabdian ini dilakukan untuk memberikan informasi dan pengetahuan terbaru terkait wirausaha yang mudah dan mampu mempertahankan perekonomian rumah tangga di saat kondisi lingkungan yang tidak stabil. Hasil dari kegiatan ini adalah masyarakat memiliki keinginan dan ide usaha yang dikembangkan sebagai produk home industri.</p> 2022-07-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Ekobis Abdimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/ekobisabdimas/article/view/5832 Sosialisasi Legalitas Dan Manajemen Usaha Bagi Pelaku UMKM 2022-06-30T15:15:37+07:00 Widiar Onny Kurniawan kurniawan.onny@unipasby.ac.id Tony Susilo Wibowo tony@unipasby.ac.id Bisma Arianto bisma@unipasby.ac.id Bambang Dwi Waryanto bambang@unipasby.ac.id Yuli Kurnia Firdausia yuli@unipasby.ac.id <p>Peranan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dalam menggerakkan roda perekonomian Indonesia sudah nyata, namun masih banyak kendala sehingga peningkatan UMKM belum benar-benar terwujud. Salah satu variabelnya adalah belum adanya legitimasi usaha bagi sebagian besar UMKM di kabupaten tersebut. Di era inovasi data yang sedang berlangsung, UMKM sangat mungkin bisa mengembangkan pasar dengan berjualan secara online, namun terbatasnya informasi tentang transaksi berbasis internet membuat potensi ini tidak dimanfaatkan dengan baik. Tindakan administrasi kelompok orang ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang keuntungan dari keabsahan bisnis dan bagaimana memanfaatkan media korespondensi untuk melakukan transaksi di web. Dipercaya dengan memiliki legitimasi usaha, para pelaku UMKM bisa mendapatkan arahan dari kantor-kantor pemerintah yang berlaku dan bisa mendapatkan kredit dari perbankan. Dengan banyaknya transaksi online, diyakini omzet UMKM pada dasarnya bisa meningkat</p> 2022-07-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Ekobis Abdimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/ekobisabdimas/article/view/5840 Pengelolaan Keuangan Bagi UMKM di Lingkungan Warga Sepanjang Kecamatan Taman Sidoarjo 2022-06-30T23:14:22+07:00 Aristha Purwanthari sawitri aristha@unipasby.ac.id Sugijanto Sugijanto@unipasby.ac.id Christina Menuk Sri Handayani menukch@unipasby.ac.id Tri Ariprabowo tri.ariprabowo@unipasby.ac.id <p>Perlu adanya strategi dalam pengelolaan keuangan usaha. Dalam pengelolaan keuangan kita harus mulai dengan adanya perencanaan terlebih dahulu. Tanpa adanya perencanaan keuangan kita tidak akan tahu apakah usaha kita telah mencapai target yang seharusnya. Kesalahan dalam penentuan harga merupakan permasalahan utama pelaku usaha khususnya UMKM yang tidak mau susah dengan urusan mengatur keuangan. Hanya pelaku usaha atau UMKM yang mampu mengelola keuangan yang akan terus berkembang disaat yang lain memiliki masalah keuangan. Terutama pada masa pandemi covid-19, seperti kita ketahui bahwa banyak sekali UMKM bahkan perusahaan menengah ke atas pun yang mengalami masalah ekonomi bahkan sampai gulung tikar. Hal ini tidak akan terjadi, kalau UMKM mampu mengelola keuangan dan siap dengan keadaan sesulit apapun. Pelaku usaha atau UMKM yang terbiasa dengan pengelolaan keuangan akan mampu beradaptasi dengan perubahan kondisi ekonomi. Pelaku UMKM di lingkungan Kelurahan Sepanjang, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo mengalami permasalahan dalam pengelolaan keuangan mereka. Mereka merasa bahwa bisnis mereka tidak mampu berkembang dan justru semakin menanggung hutang. Maka dari itu tim PPM FEB Universitas PGRI Adi Buana Surabaya memberikan pembekalan mengenai materi pentingnya pengelolaan keuangan bagi UMKM. Tujuan dari kegiatan ini yaitu membuka pikiran peserta akan pentingnya pengelolaan UMKM dan membantu pelaku UMKM mengembangkan usahanya dengan cara melakukan pengelolaan keuangan yang benar. Hasil dari kegiatan PPM ini pelaku UMKM di lingkungan Sepanjang merasa sangat terbantu, karena setelah kegiatan PPM berjalan mereka dapat melakukan analisis laporan keuangan bahkan merencakan keuangan mereka. Pelaku UMKM juga dapat menghitung HPP sebagai dasar penentuan harga jual.</p> 2022-07-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Ekobis Abdimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat