HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN IBU TENTANG PENGGUNAAN PERMAINAN EDUKATIF DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK PRASEKOLAH USIA 3 – 4 TAHUN

 Abstract views: 194

Authors

  • Siti Sa'adah
  • Retno Setyo Iswati

DOI:

https://doi.org/10.36456/embrio.vol1.no0.a1209

Keywords:

Pengetahuan, Permainan edukatif, Perkembangan sosial anak

Abstract

Proses tumbuh kembang anak di pengaruhi banyak faktor, secara garis besar terbagi dua faktor yaitu faktor genetik dan biofisikopsikososial. Orang tua memiliki peran penting dalam optimalisasi perkembangan seorang anak. Banyak ibu yang masih belum mempunyai pengetahuan yang benar tentang penggunaan permainan edukatif terhadap perkembangan sosial pada anak. Desain penelitian ini menggunakan korelasi product moment, dengan populasi seluruh ibu dan anak usia 3-4 tahun di PAUD pembangunan Dsn. Melanggeng Kab. Lamongan bulan Juni tahun 2011 sebanyak 50 responden. Pengambilan sampel dengan total sampling dan instrumen penelitian yaitu kuesioner dan ceklist. Hasil penelitian diperoleh data bahwa responden yang memiliki pengetahuan cukup sebesar 52%, sedangkan anak yang memiliki perkembangan sosial baik juga sebesar 52%. Hasil perhitungan menggunakan korelasi product moment didapatkan hipotesis diterima, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan ibu tentang penggunaan permainan edukatif dengan perkembangan sosial anak prasekolah usia 3-4 tahun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan Filosofi, Teori &Aplikasinya. Lentera Cendikia.Surabaya

Arikunto,S. 2000. Manajemen penelitian, Rhineka Cipta. Jakarta

Arikunto,S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Kedekatan Praktek, Rhenika Cipta. Jakarta

Depkes RI. 2007. Stimulasi Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. Jakarta

Dompas R. 2010. Buku Saku Bidan Ilmu Kesehatan Anak, EGC : Jakarta

Effendi, Nasrul. 1998. Dasar-dasar keperawatan Kesehatan Masyarakat. . EGC. Jakarta

Nursalam dan Pariani. 2001. Metodologi Penelitian Keperawatan, CV Santo Agung: Jakarta

Hurluck, EB. 1997. Perkembangan Anak Jilid . Erlangga : Surabaya

Notoadmodjo S. 2002. Metode Penelitian Kesehatan, Renika Cipta : Jakarta

Sekartaji, B. 2009. 101 Permainan Edukatif Untuk Anak. Pustaka Widyatama. Jakarta

Soetdjiningsih.1995. Tumbuh Kembang Anak. EGC . Jakarta

Sorwono J.2006. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif, Graha Ilmu. Jakarta

Published

2012-04-20

How to Cite

Sa’adah, S., & Iswati, R. S. (2012). HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN IBU TENTANG PENGGUNAAN PERMAINAN EDUKATIF DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK PRASEKOLAH USIA 3 – 4 TAHUN. EMBRIO: Jurnal Kebidanan, 1, 17–20. https://doi.org/10.36456/embrio.vol1.no0.a1209

Issue

Section

Article

Most read articles by the same author(s)