HUBUNGAN PERAN SERTA KADER DENGAN MUTU PELAYANAN POSYANDU BALITA STRATA MADYA

 Abstract views: 693

Authors

  • Ratna Feti Wulandari

DOI:

https://doi.org/10.36456/embrio.vol10.no1.a1497

Keywords:

kader, posyandu balita, strata madya, mutu pelayanan

Abstract

Mutu adalah keseluruhan ciri serta sifat pelayanan yang bepengaruh pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan atau tersirat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan peran serta kader dengan mutu pelayanan posyandu balita strata madya di Desa Sumberjo Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri. Desain penelitian yang digunakan adalah analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Ibu Balita yang berkunjung ke Posyandu Desa Sumberjo Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri, teknik sampel dalam penelitian ini purposive sampling dengan jumlah sampel 67 responden. Dalam penelitian ini menggunakan uji statistik koefisien kontingensi. Dari hasil uji statistik korelasi koefisien kontingensi dengan menggunakan software computer didapatkan nilai uji signifikan (p) 0,013 dan taraf kesalahan (α) 0,05 didapatkan bahwa (p<α). Maka H0 ditolak dan H1  diterima yang artinya ada hubungan antara peran serta kader dengan mutu pelayanan posyandu balita strata madya dengan tingkat hubungannya rendah (0,338). Berarti semakin kader berperan aktif semakin baik mutu pelayanan posyandu balita. Diharapkan kepada bidan untuk mengoptimalkan pendampingan para kader dalam melaksanakan kegiatan posyandu dari awal hingga akhir kegiatan, agar dapat terciptakan mutu pelayanan posyandu yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri. 2016. Profil Kesehatan Kabupaten Kediri. Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri. Kediri

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. 2016. Profil Kesehatan Jawa Timur. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Surabaya

Husniyawati dan Wulandari. 2016 .Analisis Motivasi terhadap Kinerja Kader Posyandu Berdasarkan Teori Victor VROOM. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia. 4(2)

Ismawati,C., A. Proverawati, dan S. Pebriyanti. 2010. Posyandu & Desa Siaga. Yogyakarta : Nuha Medika.

Muninjaya, A.A.G. 2015. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Prasetyawati, A.E. 2011. Ilmu Kesehatan Mayarakat. Yogyakarta : Nuha Medika.

Sondakh , J. J.S., Marjati dan T.I Pipitcahyani. 2014. Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan. Edisi Kedua. Cetakan Pertama. Salemba Medika. Jakarta

Suhat dan R. Hasanah. 2014. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Keaktifan Kader dalam Kegiatan Posyandu Studi di Puskesmas Palasari Kabupaten Subang. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kemas. 6 Januari 2017 (10.05)

Syafrudin, E.V.K Theresia dan Jomima. 2011. Buku Ajar Ilmu Kesehatan Masyarakat untuk Mahasiswa Kebidanan. Jakarta : Trans Info Media

Putra, G.T.B dan P.C.D Yuliatni. 2016. Gambaran Pengetahuan dan Kinerja Kader Posyandu di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Mengwi I Kabupaten Badung. E-Jurnal Medika 5(10) : 1-9

Published

2018-05-24

How to Cite

Wulandari, R. F. (2018). HUBUNGAN PERAN SERTA KADER DENGAN MUTU PELAYANAN POSYANDU BALITA STRATA MADYA. EMBRIO: Jurnal Kebidanan, 10(1), 36–44. https://doi.org/10.36456/embrio.vol10.no1.a1497