RELATIONSHIP OF THE PARENTS OF THE PARENTS ON THE PERSONALITY OF CHILDREN IN PRIVATE VOCATIONAL SCHOOL, TK DHARMA RINI VIII Kel. Gentong PASURUAN

DOI:
https://doi.org/10.36456/embrio.vol10.no2.a1687
Keywords:
Pola Asuh, Kepribadian, Anak Usia PrasekolahAbstract
Orang tua merupakan pusat yang menjadi sorotan dalam mendidik kepribadian seorang anak. Kepribadian anak yang diterapkan orang tua sejak dini akan membuatnya berkembang dan tumbuh dengan stabil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua terhadap kepribadian anak usia prasekolah di TK Dharma Rini VIII Kel. Gentong Pasuruan
Metode penelitian menggunakan analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional dengan sampel 52 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan total populasi. Analisa data menggunakan uji chi square.
Hasil penelitian sebagian besar 29 responden (56 %) menggunakan pola asuh authoritative, setengahnya 26 (50%) memiliki anak dengan kepribadian melankolis. Sebagian kecil 8 responden (15%) orang tua yang menggunakan pola asuh permissive, sebagian kecil 7 (14 %) memiliki anak dengan kepribadian plegmatis. Hasil analisis chi square p 0.000 < 0,05, artinya ada hubungan antara pola asuh orang tua terhadap kepribadian anak usia prasekolah di TK Dharma Rini VIII Kel. Gentong Pasuruan
Kepribadian anak sangat dipengaruhi oleh pola asuh yang diberikan dan diterapkan oleh orang tua. Penting bagi orang tua untuk diketahui bagaimana cara mengasuh anak dengan baik sehingga terbentuklah kepribadian yang baik pula.
Downloads
References
Bety Bea S. 2012. Mencetak Balita Cerdas Dan Pola Asuh Orang Tua Yogyakarta: Nuha Medika
Dagun, M.S. 2002. Psikologi Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta
Galih. 2009. Pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap pola asuh anak pada masyarakat Desa Campurejo Kec. Boja, Kab. Kendal. http://one.indoskripsi.com/node/10123.17Juli 2018
Gunarsa, Singgih D.2008. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Jakarta: Gunung Mulia
Peck, Jane, Cay 1991. Wanita Dan Keluarga: Pemenuhan Jati Diri Dalam Perkawinan Dan Keluarga. Yogyakarta: Kanisus
Sugiyono. 2013. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Wahib, Abdul. 2015. Konsep Orang Tua membangun kepribadian anak. Jurnal paradigma Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Ma’arif Magetan