MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MELALUI KONSELING KELOMPOK DENGAN STRATEGI MODELING SIMBOLIS

 Abstract views: 234

Authors

  • Edi Purwanto SMP Negeri 1 Widang-Tuban
  • Novita Karnida Khurri SMKN 1 Singosari
  • Mastubi SMAS Al Miftah Sumberbaru
  • Dewi Nurmalika SMA NU Gombengsari Banyuwangi
  • Prabandari Nuansmahira SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.36456/helper.vol37.no2.a2832

Keywords:

Strategi modeling simbolis, Keterampilan berbicara

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa secara signifikan dapat ditingkatkan melalui keonseling kelompok dengan strategi modeling simbilis. Dalam penelitian ini digunakan jenis pendekatan pre eksperimental design, dengan jenis, pre-test dan post-test one group design. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket rendah diri. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMPN 1 Widang-Tuban yang memiliki keterampilan berbicara kategori rendah. Data dianalisis dengan menggunakan statistik non parametrik dengan mengunakan uji Wilcoxon dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbicara siswa secara signifikan dapat ditingkatkan melalui konseling kelompok dengan strategi modeling simbolis. Jadi hipotesis yang berbunyi “keterampilan berbicara siswa secara signifikan dapat ditingkatkan melalui konseling kelompok dengan strategi modeling simbolis” dapat diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-10-02

Issue

Section

Artikel