MENURUNKAN RENDAH DIRI SISWA MELALUI KONSELING KELOMPOK DENGAN STRATEGI COGNITIVE RESTRUCTURING

 Abstract views: 275

Authors

  • Dwi Ridhowati SMP Negeri 2 Merakurak-Tuban
  • Winda Nur Hidayanti SMA Negeri 1 Tongas
  • Eva Yuanita Ferdian SMK Negeri 2 Bagor
  • Anita Dianasari SMK Negeri 1 Kemlagi
  • Kusumaningtyas Febri Wijayanti SMK PGRI 2 Jombang

DOI:

https://doi.org/10.36456/helper.vol37.no2.a2833

Keywords:

Strategi cognitive restructuring, rendah diri siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas Menurunkan rendah diri melalui konseling kelompok cognitife restrukturing siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Merakurak. Penelitian ini termasuk jenis pretest posttes one group design. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket. Subjek dalam penelitian ini adalah delapan siswa kelas VIII-A
yang memiliki rendah diri tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametik dengan uji Wilcoxon dengan taraf signifikan 5%, menunjukan adanya perbedaan skor tingkat rendah diri sebelum dan sesudah penerapan konseling kelompok cognitive restructuring. Hal ini berarti bahwa rendah diridapat diturunkan melalui konseling kelompok
dengan strategi cognitive restructuring. Jadi hipotesis yang diajukan dalam peneliytian ini yang berbunyi “Rendah diri siswa secara signifikan dapat ditingkatkan melalui konseling kelompok dengan strategi cognitive restructuring pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Merakurak-Tuban Tahun Pelajaran 2020/2021” dapat diterima..

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-11-15

Issue

Section

Artikel