MENINGKATKAN RASA EMPATI MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) SISWA KELAS XI TKJ 3 DI SMK NEGERI 1 PACITAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 Abstract views: 490

Authors

  • Diana Mayasari SMK Negeri 1 Pacitan
  • Siti Mardiana Hindayati SMK Al Kaaffah
  • Fitriana Dyah Wulandari SMK Raden Patah Mojokerto
  • Etik Sulistyowati SMK Negeri 1 Jetis
  • Fitrah Romadhoni Laily SMK Negeri 1 Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.36456/helper.vol37.no2.a2834

Keywords:

Empati, Bermain Peran

Abstract

Penelitian ini memakai metode bermain peran guna tingkatkan sikap siswa yang kurang mempunyai rasa empati. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif guna memperoleh informasi serta analisis lewat kajian- kajian reflektif, partisipasif. Pengembangan program didasarkan datadata serta data dari siswa dan setting sosial secara alamiah lewat 2 tahapan siklus penelitian tindakan. Guna meningkatkan rasa empati siswa dicoba dengan memakai metode role playing.
Penelitian ini dicoba di kelas XI TKJ 3 SMK Negeri 1 Pacitan dengan 2 siklus. Pada siklus awal siswa belum bersungguh- sungguh dalam melaksanakan aktivitas, sehingga butuh dipaparkan lagi manfaat bermain peran ini, sehingga butuh diulang lagi sampai siklus kedua. Dari hasil observasi, kegiatan siswa dari 68% pada siklus awal, bertambah jadi 86% pada siklus kedua. Dengan demikian metode bermain peran dapat digunakan buat menaikkan empati siswa di kelas XI TKJ 3 SMK Negeri 1 Pacitan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-11-15

Issue

Section

Artikel