PENERAPAN STRATEGI PEMODELAN KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN TAMPIL DI DEPAN KELAS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Abstract views: 329DOI:
https://doi.org/10.36456/helper.vol37.no2.a2835Keywords:
Pemodelan Kognitif, Keberanian Tampil di depan kelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan keberanian tampil di depan kelas siswa pada mata pelajaran matematika antara sebelum dan sesudah diberikan strategi pemodelan kognitif. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII-A di MTsN 1 Bagor Nganjuk yang mempunyai keberanian tampil di depan kelas rendah pada mata pelajaran matematika. Siswa kelas VII-A selurunya berjumlah 34 siswa, yang menjadi subyek dalam penelitian ini berjumlah 5 siswa yang masuk dalam kategori rendah dalam keberanian tampil di depan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan mengunakan angket dan wawancara sebagai instrument pendukung. Sesuai dengan data yang diteliti, maka penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif yang mengunakan metode pre experimental design dengan one group pretes and post test design. Metode analisis yang digunakan adalah statistic nonparametric yaitu uji tanda (sing test) untuk membandingkan anatara pre-test dan post test. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa x adalah jumlah tanda yang paling sedikit. Hal ini dapat dilihat pada table binominal dari nilai ρ = 0,031 lebih kecil dari pada α = 0,05. Strategi pemodelan kognitif dapat meningkatkan keberanian tampil di depan kelas siswa pada mata pelajaran matematika yang ditunjukan adanya perbedaan yang signifikan skor keberanian tampil di depan kelas siswa antara sebelum dan sesudah diberikan penerapan strategi pemodelan kognitif