UPAYA MENGATASI PELANGGARAN TATA TERTIB SEKOLAH MELALUI KONSELING INDIVIDU TEKNIK RASIONAL EMOTIF BEHAVIOR PADA SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 2 PACITAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract views: 1031DOI:
https://doi.org/10.36456/helper.vol37.no2.a2836Keywords:
tata tertib, konseling individu teknik rasional emotif behaviourAbstract
Kegiatan penelitian memiliki tujuan untuk mengatasi Pelanggaran tata tertib sekolah melalui efektifitas konseling individu dengan teknik Rasional Emotif Behavior pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Pacitan. Adapun yang merupakan subyek dari kegiatan penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Pacitan, dengan jumlah siswa 32 anak adapun yang dijadikan klien dalam Konseling individu mengunankan teknik Rational Emotif Behavior sebanyak 10 siswa. Hasil Analsisi siklus 1 sebelum diadakan konseling individu yaitu sebesar 80% dan hasil siklus 2 setelah diadakan konseling individu sebesar 60%. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kearah positif. Meskipun selisih hasil tes pertama dan kedua hanya 20%. Terdapat keterangan bahwa Semakin tinggi skor yang diperoleh maka, semakin rendah perilaku melanggar tata tertib sekolah yang dilakukan oleh siswa 10 siswa/konseli yang dijadikan observasi secara langsung yang dilakukan di kelas.