PENGETAHUAN ORANG TUA, GURU, DAN TERAPIS TENTANG ANAK AUTISM SPECTRUM DISORDER

 Abstract views: 790

Authors

  • Muchamad Irvan

DOI:

https://doi.org/10.36456/helper.vol32.no2.a466

Abstract

Anak autism spectrum disorder (ASD) merupakan anak yang memiliki gangguan perkembangan kejiwaan yang kompleks. Anak ASD disebut memiliki gangguan perkembangan yang komplek dikarenakan memiliki kegagalan pada tiga aspek perkembangan yaitu kemampuan interaksi sosial, komunikasi sosial, dan perilaku (restricted dan repetitive). Sehingga membutuhkan penanganan khusus dan intensif dari berbegai pihak. Adapun pihak-pihak yang berperan penting memberikan penanganan anak ASD adalah orang tua, guru, terapis, dan dokter. Penelitian ini mengkaji pengetahuan orang tua, guru, dan terapis tentang penanganan anak ASD. Subjek dan objek penelitian ini adalah 4 orang tua, 2 guru SLB, 2 guru Inklusi, dan 2 terapis. Penelitian ini dilaksanakan di kabupaten Sidoarjo. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil wawancara menunjukan bahwa keseluruhan subjek yang terdiri dari 4 orang tua, 2 guru SLB, 2 guru Inklusi, dan 2 terapis tidak mengetahui yang dimaksud dengan autism spectrum disorder dan layanan yang harus diberikan untuk menanganinya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengetahuan orang tua, guru, dan terapis tentang anak ASD dan penanganannya masih sangat kurang. Permasalahan tersebut dapat timbul dikarenakan kurangnya sosialisasi dan pelatihan-pelatihan khusus untuk pihak yang berperan memberikan penanganan anak ASD.

 

Kata kunci : Orang Tua, Guru, Terapis ; Autism Spectrum Disorder

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2016-09-30

Issue

Section

Artikel