PELAKSANAAN BIMBINGAN KONSELING DI TKLB B/C AL AZHAR WARU SIDOARJO
Abstract views: 328DOI:
https://doi.org/10.36456/helper.vol32.no2.a470Abstract
Bimbingan dan konseling merupakan proses bantuan psikologis dan kemanusiaan secara ilmiah serta professional yang diberikan oleh pembimbing/ konselor secara optimal, yaitu mampu memahami diri dan mengaktualisasikan diri, sesuai tahap perkembangan, sifat-sifat potensi yang dimiliki dan latar belakang kehidupan serta lingkungannya. Bimbingan konseling memberikan pelayanan kepada semua kliennya tanpa memandang latar belakang kliennya terkait dengan siapa dan bagaimana keadaan kliennya. Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memiliki kebutuhan khusus sesuai dengan kriteria kecacatannya. Anak berkebutuhan khusus merupakan individu yang berbeda dari anak normal pada umumnya, baik secara intelektual, fisik, emosi dan sosial. Mereka, memiliki beragam masalah terkait dengan kecacatan yang dimilikinya. Bimbingan konseling dalam pelaksanaan di sekolah khususnya di TKLB yang menangani peserta didik berkebutuhan khusus sangat diperlukan keberadaanya. Untuk membantu menangani permasalahan ABK yang jauh lebih kompleks dibandingkan dengan masalah anak normal pada umumnya. Namun sayangnya, penulis melihat praktek pelaksanaan Bimbingan dan konseling di salah satu TKLB di Sidoarjo Jawa Timur yaitu TKLB BC Al Azhar Sidoarjo masih belum melaksanakan bimbingan konseling dengan baik. Pelaksanaan bimbingan konseling di TKLB ini dilaksanakan oleh guru dan kepala sekolahnya. Belum ada konselor yang menangani permasalahan ABK tersebut. Pihak sekolahlah yang berperan dalam penyeselesaian masalah siswa.
Kata kunci : Bimbingan Konseling