EFEKTIVITAS ASESMEN DAN EVALUASI PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN PASCA PEMBELAJARAN ONLINE DI TKIT AN NUUR 2 SURABAYA

Keywords:
anak usia dini, asesmen dan evaluasi, efektivitas, perkembangan motorik kasarAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas dari asesmen dan evaluasi pada perkembangan motorik kasar anak usia dini di TKIT AN NUUR 2. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif yang bersifat deskriptif yang artinya peneliti mengacu pada teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara dan berupa angket kuesioner terbuka. Adapun jumlah informan yang diambil pada penelitian ini sebanyak 14 orang. Efektivitas dari asesmen dan evaluasi pada TKIT AN NUUR 2 belum berjalan efektif Dari hasil penelitian bahwa para guru di TKIT AN NUUR 2 masih belum mengetahui efektivitas asesmen dan evaluasi perkembangan motorik kasar anak dan kurangnya pemberian stimulus terhadap kemampuan motorik kasar anak. Metode pembelajaran yang digunakan di TKIT AN NUUR 2 selama pembelajaran online berupa LKA (lembar kerja anak) sehingga pembelajaran stimulus menjadi kurang optimal.
Kata Kunci: anak usia dini, asesmen dan evaluasi, efektivitas, perkembangan motorik kasar
Downloads
References
Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 131–146. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659.
Aini, A. N. (2016). Implementasi Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini Di Tk Pembina Traji Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. Semarang: UNNES.
Fitri, A, F, M. (2020). Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Gresik: Caremedia Communication.
Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 1-12.
Khairunnisa, E. W. (2019). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Harapan Ibu Sukarame Bandar Lampung. Bandar Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Monicha, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Sirkuit. JURNAL CIKAL CENDEKIA, 33-42.
Nawawi, H. (1983). Metode Penelitian Deskriptif. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Wulanning D, E, P, S. (2015). Kemampuan Motorik Kasar Tunagrahita Kelas Dasar. Medikora Vol. Xiv, 3-5.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Audi Rizky Ramadhani, Devi Chairunnissa, Nur Saffana Fajar Zeen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.