SINEMA EDUKASI GANDRUNG UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PADA SISWA
Abstract views: 663DOI:
https://doi.org/10.36456/helper.vol39.no1.a5109Keywords:
percaya diri,, ssinema edukasi gandrungAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri siswa melalui penggunaan media berupa sinema edukasi Gandrung. Ruang lingkup penelitian ini dibuat berdasarkan hasil dari penelitian awal terkait rasa percaya diri siswa yang menurun saat mengikuti pembelajaran daring. Hal ini ditandai dengan siswa tidak berinisiatif mengungkapkan pendapat saat sesi tanya jawab, siswa tidak berinisiatif mengungkapkan pendapat saat sesi tanya jawab dan siswa tidak percaya dengan kemampuan akademik yang dimiliki. Permasalahan lain yang dihadapi adalah kurangnya menghargai budaya lokal dan siswa lebih menyukai budaya barat. Hal ini tentu menjadi masalah serius bagi siswa dan Guru BK perlu membuat inovasi media. Peneliti berupaya membuat media sinema edukasi dalam rangka meningkatkan percaya diri siswa. Tahap pengembangan media pada penelitian hanya menggunakan lima tahap saja yaitu hanya sampai pada pengujian uji ahli materi, media dan uji pengguna 2 Guru BK. Hasil dari keduanya yaitu uji ahli materi BK, media BK dan uji pengguna BK menghasilkan skor sebesar 89%. Dengan skor tersebut, persentasi rentang kategorinya adalah layak digunakan. Dapat diartikan bahwa pengembangan media edukasi Gandrung layak digunakan sebagai media yang aplikatif.
Downloads
References
Andrew, D. (2010). What Cinema Its Bazin’s Quest And Its Charge. USA : Wile-Blackwell.
Ariyanto, Mappiare, & Irtadji. (2016). Identifikasi Karakter Ideal Konseli Menurut Teks Kepribadian Founding Fathers Indonesia: Kajian Dalam Perspektif Fromm. Pendidikan, 1(2), 174–182. https://doi.org/10.26740/jp.v1n2.p174-182
Ariyanto, Hanggara, & Andrianie. (2020). Pengembangan Inventori Karakter Konseli (IKONS) Berbasis Nilai-Nilai Pribadi Ir. Soekarno. Moral Kemasyarakatan, 5(2), 51–59. https://doi.org/10.21067/jmk.v5i2.4918
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Bennett, B. Furstenau, M & Mackenzie, A. (2005). Cinema and Tehnology Cultures, Teories, Practices. Newyork: Palgrafe Macmillan.
Borg & Gall. (1983). Educational Research An Introduction White Plain. New York: Longman, Inc.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Perannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: GAVA MEDIA.
Deyer, R. (2006). Filming The Gods Religions and Indian Cinema. USA: Routledge.
Fadhilah, M.F, Alkindi, D., Muhid, A. (2021) Cyber Counseling Sebagai Metode Meningkatkan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah: Literature Review. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 11 (1) 86-94. http://doi.org/10.25273/counsellia.v11i1.8393
Fatimah, E. (2008). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Dididk). Badung: CV. Pustaka Setia
Fiantika, F. (2019). “Wayang Gandrung” Sebuah Tradisi Seni Dalam Pembelajaran Matematika Masa Kini. Prosiding Seminar Pendidikan dan Pembelajaran 3, 5 Oktober 2019. Kediri: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Gladding, S. T. (2016). The Creative Arts In Counseling. USA: American Counseling Association.
Ghufron M.N. & Risnawita, R. (2019). Kepercayaan Diri. Jurnal Penelitian Pendidikan, 5(1), 1689–1699.
Hjort, M. (2013). Education Off The Filmmaker in Eurupe, Australia, and Asia. USA: Palgrafe Macmillan.
Haryati, A (2020). Online Counseling Sebagai Alternatif Strategi Konselor dalam Melaksanakan Pelayanan E-Counseling di Era Industri 4.0. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 2 (2). 27-38. https://doi.org/10.51214/bocp.v2i2.33
Iryani, I. & Suriatie, M. (2021). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sinema Edukasi Untuk Meningkatkan Kesadaran Multikultural Siswa Kelas XI Di SMA Isen Mulang Palangkaraya. Jurnal Bimbingan dan Konseling Pandohop, 1 (2), 31-36. https://doi.org/10.37304/pandohop.v1i2.3469.
Maesaroh, I. (2010). Pengembangan Inventori Kepercayaan Diri pada Siswa SMA. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Psikologi Pendidikandan Bimbingan UNY.
Maharai, I., Fridani, L. & Akbar, Z. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Film Bertema Pendidikan Dalam Layanan Informasi Bimbingan Klasikal. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6 (2), 135-146. http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v6i2.3832.
McKirnan, D.W. (2008). Cinema And Community. New York: Palgrafe Macmillan.
Mukhlis & Pudentia. (2008). Maestro Seni Tradisi. Jakarta: Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI kerjasama dengan Asosiasi Tradisi Lisan (ATL).
Ningsih, A.Y.W.A. (2012). Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII B SMP Kristen I Surajarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebalas Maret Surakarta.
Peale, N.V. (2011) Anda Pasti Bisa Bila Berfikir Bisa. Jakarta: Rineka Cipta.
Nursalim, M. (2013). Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.
Prayitno & Amti, E. (2008). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Purnomo, S. B. 1998. “Wayang Gandrung dari Kediri, Cermin Profanitas dan Sisi Sakral Dunia Pewayangan” dalam Bahasa, Sastra, dan Budaya Nusantara (Kumpulan Karangan). Yogyakarta: Jursusan Sastra daerah Fakultas Sastra UGM.
Purnomo, S.B. (2017). Misteri Alam “Suwung” Satu Aspek Sufistik Dalam Teks Lama Nusantara (Studi Kasus Balungan Lakon Dan Pagelaran Wayang Purwa). Prosiding Seminar Nasional 2017 Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia Komisariat Universitas Negeri Yogyakarta, 19 Juli 2017. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Purwadi, dkk, (2021). Student Perceptions of Online Learning during the COVID-19 Pandemic in Indonesia: A Study of Phenomenology. European Journal of Educational Research, 10 (3), https://doi.org/1515-1528. 10.12973/eu-jer.10.3.1515.
Ragil, E., Ariyanto, R.D., Ratnawati, V., Ningsih, R., & Valdino, D.R. (2019) Penerapan Teknik Modeling Berbasis Sinema Edukasi Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Siswa. Jurnal Nusantara of Research, 6(1) 50-59. https://doi.org/10.29407/nor.v6i1.13617.
Riswani. & Diniaty. (2008). Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling. Pekanbaru: Suska Pres.
Romlah, T. (2013). Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Rosemawati, S. & Ariyanto, R.D. (2022). Board Game Reog Kendang : Inovasi Media BK Berbasis Nilai-Nilai Budaya. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara 2, 14 Desember 2021. Kediri: Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Nusantara PGRI Kediri
Santrock, J. W. (2012). Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup Jilid I (terjemahan) Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sari, A.P.K., Prihartanti, N. & Uyun, Z. (2020). Teknik Sinema Edukasi Untuk Meningkatkan empati pada siswa SMP pelaku perundungan. Psychopolytan: Jurnal Psikologi, 4 (1), 39-48. https://doi.org/10.36341/psi.v4i1.1284.
Schunk, D.H., Pintrich, P.R., & Meece, J.L., (2010). Motivation in Education: Theory, Research, and Applications Third Edition. New Jersey: Pearson Education.
Setyaputri, Krisphianti, & Nawantara. (2020). Skala Pengukuran Karakter Adil: Salah Satu Instrumen sebagai Piranti BADRANAYA (Board-game Karakter Konselor Multibudaya). Jurnal Efektor. 7 (1), 90-97. https://doi.org/10.29407/e.v7i1.14463
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Sukmadinata, N.S. (2012). Metode Penelitian. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Widiyono,D.W. dkk. (2021). Pengembangan Board Games Punakawan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Al-Isyraq: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, dan Konseling Islam. 4 (1), 27-40. https://doi.org/10.15575/alisyraq.v4i1.52
Wolz, B. (2004). E-Motion Picture Magic. Colorado: Glenbridge Publishing Ltd.
Zhang, W., Wang, Y., Yang, L., & Wang, C. (2020). Suspending classes without stopping learning: china’s education emergency management policy in the COVID-19 outbreak. Multidisciplinary Digital Publishing Institute. 13 (55), 1-6. https://doi.org/10.3390/jrfm13030055 .
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ashar Syah Putra, Alex Iskandar, Ahmad Maulana Jefri Rozaq, Restu Dwi Ariyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.