Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Flow Akademik Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

 Abstract views: 1489

Authors

  • Dwi Nastiti Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Cucuk Nur Cahyani

DOI:

https://doi.org/10.36456/helper.vol39.no1.a5141

Keywords:

Dukungan Sosial Teman Sebaya, Flow Akademik, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena flow akademik mahasiswa Prodi Psikologi yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan flow akademik pada mahasiswa Prodi Psikologi FPIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian sebanyak 692 mahasiswa, sampel yang digunakan sebanyak 232 mahasiswa yang didapat dari teknik Proportioned Stratified Random Sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan 2 skala psikologi yakni skala dukunngan sosial teman sebaya dan skala flow akademik. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan flow akademik pada mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik korelasi Product Moment Pearson. Hasil analisis diperoleh koefisien korelasi rxy = 0,536 dengan signifikan 0,000<0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Hasil uji koefisien determinasi menunjukan R Square = 0,334, yang berarti variabel dukungan sosial teman sebaya memberikan sumbangan sebesar 33,4 % terhadap variabel flow akademik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Wati, S dan Firman (2017), “Hubungan Self Regulated Learning dengan Flow Akademik Siswa,” J. Neo Konseling, vol. 00, pp. 1–6..

Shobah, N..L (2018). Hubungan Antara Sense Of Humor Dosen Dengan Flow Akademik Pada Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. skripsi, pp. 1–115, 2018.

Prihandrijanim E (2016) Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Dukungan Sosial Terhadap Flow Akademik Pada Siswa SMA “X” Di Surabaya.

Csiksentmihaly, M (1990) “Flow: The Psychology of Optimal Experience.,” Acad. Manag. Rev., vol. 16, no. 3, pp. 636–640.

Akmaliyah, M., & Purwati, E. (2016). Hubungan antara Self Efficacy dengan Flow Akademik pada Siswa Akselerasi SMPN 1 Sidoarjo. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), 249–260. https://doi.org/10.15575/psy.v3i2.1113

Azwar. (2014). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta.

Azwar, S. (2015). Reliabilitas & Validitas. yogyakarta: Pusaka Belajar.

Chandra, R. I. (2013). Dukungan Sosial dan Flow Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah, 2(1), 1–19. https://doi.org/10.1038/349265a0

Sasmita, I. A. G. H. D., & Rustika, I. M. (2015). Peran Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Tahun Pertama Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 280–289.

Suciani, D., & Rozali, Y. A. (2014). Hubungan dukungan sosial dengan motivasi belajar pada mahasiswa Universitas Esa Unggul. Psikologi, 12(2).

Downloads

Published

2022-02-08