EFEKTIVITAS SUPERVISI SEBAYA MELALUI MGBK SMA DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU BK DI KOTA PALEMBANG
Abstract views: 495DOI:
https://doi.org/10.36456/helper.vol39.no1.a5219Keywords:
Supervisi Sebaya, MGBKAbstract
Minimnya pengawas / supervisor untuk bimbingan konseling yang berasal dari keilmuan bimbingan dan konseling menyebabkan supervisi hanya berfokus kepada kegiatan administrasi, pengawasan, dan manajerial. Idealnya supervisi dapat menjadi media dalam pengembangan kinerja guru bimbingan dan konseling. Supervisi sebaya melalui MGBK diprediksi dapat meningkatkan kinerja guru bimbingan dan konseling. Penelitian dilakukan dengan metode one group pretest-post test, terhadap 36 orang anggota MGBK SMA Kota Palembang yang dipilih secara random, dari total anggota sejumlah 137 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kinerja guru BK setelah mengikuti kegiatan supervisi sebaya melalui MGBK . Namun jika melihat hasil analisis N-Gain peningkatan yang terjadi pada kinerja Guru BK setelah mengikuti kegitan MGBK termasuk pada kategori sedang
Downloads
References
Chaniago, B. (2016). Pendampingan Teman Sebaya: Strategi Pembinaan Guru BK Menyusun Program Layanan BK Di Sekolah. ANALITIKA, 8(1).
Glickman, C. D. (2009). The Basic Guide To Supervision and Instructional Leadership. Allyn & Bacon.
Lian, B., & Fitria, H. (2020). The Influence of Principal Supervision and Organizational Climate toward Teacher’s Performance. Electronic Research Journal of Social Sciences and Humanities, 2(2).
Lian, Bukman., Susanti, S., & Wardiah, D. (2020). Effect of Academic Supervision of School Heads and School Culture on Quality Teaching Teachers. International Journal of Progressive Sciences and Technologies, 20(1).
Parida, P., & Lian, B. (2020). Implementasi Penilaian Kinerja Berdasarkan Tugas Pokok Dan Fungsi Guru Melalui Instrumen Supervisi Akademik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2).
Prayitno. (2001). Panduan Kegiatan Pengawas Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Asdimahasatya.
Sulistyowati, M. D. R. (2018). Pengelolaan MGBK dalam Meningkatkan profesionalisme Guru Bimbingan dan Konseling SMA/MA. Jurnal Media Managemen Pendidikan, 1(2).
Suwidagdho, D., Lestari, L., & Dewi, S. P. (2017). Peran Pengawas BK untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru Bimbingan dan Konseling. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling, 137–143.
Yudiani, I. (2015). Lesson Study Management as Collegial Supervision Technique at Junior High School. Jurnal Pendidikan Humaniora, 2(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mainilawati, Bukman Lian, Alhadi Yan Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.