PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI MTs IBADURRAHMAN MUTTAHIDAH, SIBULUE

Keywords:
Peran, Guru, Pendidikan KarakterAbstract
Pendidikan karakter merupakan program pendidikan nasional di Indonesia terutama di Kabinet Pembangunan Indonesia Bersatu jilid II. Pendidikan karakter diarahkan untuk menanamkan nilai-nilai yang berkarakter bagi bangsa secara menyeluruh, baik kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru dalam pendidikan karakter di MTs Ibadurrahman Al-Muttahidah. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan desain studi kasus. Dalam penelitian ini, yang menjadi subjek penelitian adalah kepala Sekolah MTs Ibadurahman Muttahidah, guru PPKn dan wali kelas VIII. Pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian Peran Guru dalam Pendidikan Karakter di MTs Ibadurrahman Muttahidah Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone, memberikan dampak yang begitu besar terhadap beberapa elemen khususnya pada pendidikan yaitu pendidikan karakter. Terwujudnya pendidikan karakter dapat melahirkan pemimpin-pemimpin yang amanah dan jujur, serta dalam pelaksanaannya perlu ada kerjasama.
Kata Kunci: Peran, Guru, Pendidikan Karakter
Downloads
References
Bhuwana & Widya. (2018). “Peran Guru dalam Pengembangan Karakter Siswa untuk Menjaga Keutuhan dan Kemajuan Bangsa Indonesia” dalam I Wayan Sastra, Universitas Pendidikan Ganesha. Peran Guru Dalam Pengembangan, 1, 71–80.
Depdiknas. (2007). Naskah Akademik: Kajian Kebijakan Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan. Pusat Kurikulum.
Fauzi, Fadil, I. A. (2013). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik, FIS Universitas Negeri Jakarta. Jounal PPKn, 1, 1–15.
Iswan & Herwina. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter. Perspektif Islam dalam Era Milinial IR. 4.0 ISSN: 2621-2477. Jakarta, Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Lickona Thomas. (2015). Educating for Character, mendidik untuk membentuk karakter. Jakarta, Bumi Aksara.
Muhammad, A. (2018). Menjadi Guru Profesional, Jakarta:Prenadamedia Grup.
Mulyasa. (2015). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung; Remaja Rosda Karya.
Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Yunus, M., Setyosari, Utaya, S.,Kuswandi, D,. Amirullah., Rusdi, M, (2021) The Relationship between Achievement motivation, metacognitive Awarenees, attitudes and problem-solving abilities in students, Cypriot Journal of Educational awareness , attitudes and problem-solving abilities in students. Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(1), 32–45.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Muhammad Rusdi rusdi, Marwah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.