PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI MTs IBADURRAHMAN MUTTAHIDAH, SIBULUE

 Abstract views: 53

Authors

  • Muhammad Rusdi Universitas Muhammadiyah Bone
  • Marwah Universitas Muhammadiyah Bone

Keywords:

Peran, Guru, Pendidikan Karakter

Abstract

Pendidikan karakter  merupakan  program  pendidikan  nasional  di  Indonesia  terutama  di  Kabinet  Pembangunan  Indonesia  Bersatu jilid II. Pendidikan  karakter  diarahkan untuk  menanamkan  nilai-nilai  yang  berkarakter  bagi  bangsa  secara  menyeluruh,  baik  kognitif, afektif,  maupun psikomotorik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  peran  guru  dalam  pendidikan  karakter  di  MTs Ibadurrahman  Al-Muttahidah. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan desain studi kasus. Dalam penelitian ini, yang menjadi subjek penelitian adalah kepala Sekolah MTs Ibadurahman Muttahidah, guru PPKn dan wali kelas VIII. Pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian Peran Guru dalam Pendidikan Karakter di MTs Ibadurrahman Muttahidah Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone, memberikan dampak yang begitu besar terhadap beberapa elemen khususnya pada pendidikan yaitu pendidikan karakter. Terwujudnya pendidikan karakter dapat melahirkan pemimpin-pemimpin yang amanah dan jujur, serta dalam pelaksanaannya perlu ada kerjasama.

Kata Kunci: Peran, Guru, Pendidikan Karakter

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bhuwana & Widya. (2018). “Peran Guru dalam Pengembangan Karakter Siswa untuk Menjaga Keutuhan dan Kemajuan Bangsa Indonesia” dalam I Wayan Sastra, Universitas Pendidikan Ganesha. Peran Guru Dalam Pengembangan, 1, 71–80.

Depdiknas. (2007). Naskah Akademik: Kajian Kebijakan Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan. Pusat Kurikulum.

Fauzi, Fadil, I. A. (2013). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik, FIS Universitas Negeri Jakarta. Jounal PPKn, 1, 1–15.

Iswan & Herwina. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter. Perspektif Islam dalam Era Milinial IR. 4.0 ISSN: 2621-2477. Jakarta, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Lickona Thomas. (2015). Educating for Character, mendidik untuk membentuk karakter. Jakarta, Bumi Aksara.

Muhammad, A. (2018). Menjadi Guru Profesional, Jakarta:Prenadamedia Grup.

Mulyasa. (2015). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung; Remaja Rosda Karya.

Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Yunus, M., Setyosari, Utaya, S.,Kuswandi, D,. Amirullah., Rusdi, M, (2021) The Relationship between Achievement motivation, metacognitive Awarenees, attitudes and problem-solving abilities in students, Cypriot Journal of Educational awareness , attitudes and problem-solving abilities in students. Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(1), 32–45.

Downloads

Published

2022-09-29