COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENGURANGI KECEMASAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH

DOI:
https://doi.org/10.36456/helper.vol39.no2.a5769
Keywords:
Cognitive Behavior Therapy, konseling kelompok, kecemasan pembelajaran jarak jauh.Abstract
Pembelajaran jarak jauh memiliki perbedaan dengan pembelajaran konvensional. Pembelajaran jarak jauh menuntut siswa menerapkan blended learning secara mandiri. Tujuan penelitian adalah melihat adanya pengaruh Cognitive Behavior Therapy dalam konseling kelompok dengan teknik menghentikan pikiran negatif untuk menurunkan kecemasan pembelajaran jarak jauh. Desain penelitian adalah pra-eksperimental one group pretest-postest design. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI SMAN Krian Sidoarjo, sebanyak 11 orang. Pengumpulan data mengadaptasi skala pengukuran kecemasan dari Beck Anxiety Inventory (BAI), dan teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil statistik menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,003 (Sig. < 0.05), sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima, dan disimpulkan terjadi penurunan signifikan tingkat kecemasan setelah diberikan Cognitive Behavior Therapy pada siswa. Penelitian ini dapat menjadi informasi bagi konselor dalam memberikan layanan pada siswa yang mengalami kecemasan pembelajaran jarak jauh serta menjadi sumber pengetahuan dalam penelitian khususnya mengatasi kecemasan akademik.
Kata Kunci: Cognitive Behavior Therapy, konseling kelompok, kecemasan pembelajaran jarak jauh.
Downloads
References
Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., & Mada, U. G. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).
Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99. https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008
Beck, Judith S. (2021). Cognitive behavior therapy : basics and beyond. Third edition. New York: The Guilford Press.
Clark, David A. (2020). The negative thoughts workbook: CBT skills to overcome the repetitive worry, shame, and rumination that drive anxiety and depression. Oakland, CA : New Harbinger
Corey, G. (2014). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (F. Marquita (ed.); Eight). Thomson Higher Educational.
Creamer, M., Foran, J., & Bell, R. (1995). The Beck Anxiety Inventory in a non-clinical sample. Behaviour Research and Therapy, 33(4), 477–485. doi:10.1016/0005-967(94)00082-u
Fojtik, R. (2018). Roblems of Distance Education. ICTE Journal, 7(1), 14–23. https://doi.org/10.2478/ijicte-2018-0002
Lindasari, S. W., Nuryani, R., & Sukaesih, N. S. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Psikologis Siswa Pada Masa Pandemik Covid 19. Jnc, 4(2), 130–137.
Nurcita, B., & Susantiningsih, T. (2020). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh dan Physical Distancing pada Tingkat Kecemasan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Journal of Borneo Holistic Health, 3(1), 58–68.
Pekrun, R. (2006). The control-value theory of achievement emotions: Assumptions, corollaries, and implications for educational research and practice. Educational Psychology Review, 18(4), 315–341. http://doi.org/10.1007/s10648-006-9029-9
Romano, L., Tang, X., Hietajärvi, L., & Salmela-aro, K. (2020). Students ’ Trait Emotional Intelligence and Perceived Teacher Emotional Support in Preventing Burnout : The Moderating Role of Academic Anxiety. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17, 1–15.
Shakir, M. (2014). Academic Anxiety as a Correlate of Academic Achievement. Journal of Education and Practice, 5(10), 29–37.
Sundayana. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Whitfield, G. (2010). Group cognitive–behavioural therapy for anxiety and depression. Advances in Psychiatric Treatment, 16(3), 219-227. doi:10.1192/apt.bp.108.005744
Zahra, S. B., Wibowo, M. E., & Jafar, M. (2018). Group Counseling with Systematic Desensitization Techniques and Thought-Stopping Techniques to Reduce Social Anxiety. Jurnal Bimbingan Konseling, 7(2), 106–112. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/25494
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dira Ayu Nanda Oktavia, Moesarofah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.