PENGEMBANGAN MEDIA PANDUAN CINEMATHERAPY UNTUK MENINGKATKAN SELF MANAGEMENT PADA SISWA KELAS X DI SMA PAWYATAN DAHA KEDIRI
Abstract views: 304DOI:
https://doi.org/10.36456/helper.vol39.no2.a5804Keywords:
Self Management, media bk, cinematherapyAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media BK cinematherapy untuk meningkatkan Self Management siswa. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang telah dimodifikasi dari 10 tahapan menjadi 6 tahap yaitu pada tahap uji lapangan karena sesuai dengan tujuan serta kebutuhan peneliti. Peneliti mengambil sampel dengan cara purposive sampling berdasarkan hasil nilai skor need aseesement ditemukan 8 siswa kelas X dalam kategori Self Management rendah dan didasarkan pada rekomendasi guru BK di SMA Pawyatan Daha Kediri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala psikologi Self Management. Uji validitas memperoleh hasil 38 item pernyataan valid dan uji reabilitas sebesar 0,731 dengan menggunakan SPSS 22. Teknik Analisis data uji ahli menggunakan uji interater agreement Gregory. Teknik Analisis data calon pengguna menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design dengan 3 aspek yaitu aspek kegunaan, aspek kemudahan dan aspek kemenarikan. Hasil uji ahli sebesar 83% untuk ahli media, persentase sebesar 77% untuk ahli materi, dan persentase sebesar 88% untuk pengguna produk yaitu guru BK dengan kategori layak digunakan. Hasil uji pengguna berdasarkan aspek kegunaan skor awal 80% dan skor akhir 91%, aspek kemudahan skor awal 74% dan skor akhir 82%, dan aspek kemenarikan skor awal 75% dan skor akhir 87% dikatakan memperoleh nilai yang tinggi. Hal ini menunjukan bahwa pengembangan media BK cinematherapy untuk meningkatkan Self Management siswa layak dan diterima baik secara teori maupun praktik.
Kata Kunci: Self Management, media bk, cinematherapy
Downloads
References
Anik, S. (2013). Upaya Meningkatkan Self Management Dalam Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII Di SMPN 1 Jakenan Pati.
Arikunto, & Suharsimi. (2006). Edisi Revisi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaya, P., & Inpin, B. (2020). Effects of Integrating Movie-Based Mobile Learning Instruction for Enhancing Thai University Students’ Speaking Skills and Intercultural Communicative Competence. English Language Teaching, 13(7), 27. https://doi.org/10.5539/elt.v13n7p27
Di, T., New, E. R. A., Pada, N., Di, K. X., Negeri, S. M. K., Islam, U., Muhammad, K., & Al, A. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Teknik Cinematherapy Pada Kelas X Di SMK Negeri 3 Amuntai. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(10), 3169–3174. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v2i10.1310
Elisvi, S., Rosra, M., & Mayasari, S. (2018). Penggunaan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Manajemen Diri Dalam Belajar The Use Of Group Guidance To Improve Self-Management In Learning. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 06(1), 1–15.
Gantina, & Wahyudi, E. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks.
Ghali, B. A. A., Habeeb, L. M., & Hamzah, K. D. (2018). Self-management and its relation to organizational excellence. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(4), 47–50. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.7.20378
Gie, & Liang, T. (2000). Cara Belajar yang Baik Bagi Mahasiswa Edisi Kedua. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Gregory, R. J. (2015). Psycological Testing History, Priciples, And Application. Harlow: Pearson Education Limited.
Herfidawati, I., Eddi Wibowo, M., & Purwanto, E. (2021). The Effectiveness of Group Guidance with Cinematherapy and Role-Playing Techniques to Improve Prosocial Behavior. Jurnal Bimbingan Konseling, 10(2), 99–105. https://doi.org/10.15294/jubk.v10i2.48023
Hinestroza, D. (2018). Self Management Untuk Mengurangi Kecendrungan Misbehavior Pada Siswa Sekolah Dasar. In UMM Institusional Repository (Vol. 7). http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/38470
Imran, N. A. (2021). Penerapan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Kecanduan Media Sosial Pada Siswa Di Sma Negeri 1 Sinjai. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19360
Ince Yakar, H. (2018). Use of the Movies in the Turkish Language and Literature Education in Turkey. Journal of Education and Learning, 7(3), 41. https://doi.org/10.5539/jel.v7n3p41
Iskandar, A., Putra, ashar syah, Rozaq, A. M. J., & Ariyanto, R. D. (2022). Sinema Edukasi Gandrng Untuk Meningkatkan Percaya Diri Pada Siswa. HELPER Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran, 39(1), 22–32. https://doi.org/https://doi.org/10.36456/helper.vol39.no1.a5109
Isnaini, F., & Taufik. (2016). Strategi Self-Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar. Jurnal Penelitian Humaniora, 16(2), 33–42. https://doi.org/10.23917/humaniora.v16i2.1842
Juliantika, Y. ., & Khusumadewi, A. (2017). Penerapan Cinema Therapy Untuk Meningkatkan Empati Siswa Kelas X Multimedia Di SMKN 1 Driyorejo. BK UNESA, 7(3), 243–255.
Kresse, W., & Watland, K. H. (2016). Thinking outside the Box Office: Using Movies to Build Shared Experiences and Student Engagement in Online or Hybrid Learning. Journal of Learning in Higher Education, 12(1), 59–64. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eric&AN=EJ1139708&site=ehost-live&scope=site
Maretha, T., Susanti, R. H., & Sari, E. K. W. (2020). Keefektifan Teknik Cinema Therapy untuk Meningkatkan Sikap Altruistik Siswa Kelas VIII DI SMPN 1 Gondanglegi Kabupaten Malang. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 5(2), 54–61. https://doi.org/10.21067/jki.v5i2.4438
Mazidah, I. N., & Winingsi, E. (2022). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Cinema Therapy Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Karir Siswa. Jurnal BK UNESA, 13(1), 760–771.
Muratama, M. S. (2018). Layanan Konseling Behavioral Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Disiplin Dan Tanggung Jawab Belajar Siswa Di Sekolah. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.29407/nor.v5i1.11793
Mustofa, W. (2014). Pengaruh Suasana Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Intensitas Belajar serta Dampaknya pada Prestasi Belajar Matematika. In Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31446
Ningsih, A. M., Hidayat, D. R., & Setiyowati, E. (2015). Pengaruh Penggunaan Cinematherapy Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa(Studi Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas XI di SMA Negeri 59 Jakarta). Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 1. https://doi.org/10.21009/insight.051.01
Niva, H. (2016). Penerapan Pendekatan Cinematherapy Untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Pada Siswa Bosowa International School Makassar. ASCE J Hydraul Div, 99(HY9), 1369–1381. https://doi.org/10.1061/jyceaj.0003734
Nurhidayatullah, & Erwan. (2019). Penerapan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa di SMA Negeri 12 Makassar. Educandum, 5(1), 180–187.
Prince, S. (2014). Movies and Meaning An Indroction To Film Sixth Edition. USA Pearson.
Ragil, E., Ariyanto, R. D., Ratnawati, V., Ningsih, R., & Valdino, D. R. (2019). Keefektifan Teknik Modeling Berbasis Sinema Edukasi untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Siswa SMP. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 6(1), 50–59. https://doi.org/10.29407/nor.v6i1.13617
Saputra, N. M. A., Hotifah, Y., & Muslihati. (2021). "The Redayaku Application” Cyber Counseling Media Innovative Solutions For Handling Sexual Violence In Children. Jurnal KOPASTA, 8(1), 32–45. https://doi.org/https://doi.org/10.33373/kop.v8i1.3082
Solihatun, S., Fitriyanti, E., & Lestari, M. (2020). Cinematherapy Meningkatkan Kendali Diri Mahasiswa. Psychocentrum Review, 2(1), 13–21. https://doi.org/10.26539/pcr.21203
Solikhatin, N. H., & Lubis, H. (2021). Efektivitas Terapi Film Dalam Meningkatkan Harga Diri. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(3), 535. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i3.6498
Solomon, G. (2012). Tretment video terapy. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sukmadinata, & Syaodih, N. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung, PT Remaja Rosda Karya.
Suwanto, I., & Tamyizatun Nisa, A. (2017). Cinema Therapy Sebagai Intervensi Dalam Konseling Kelompok. Proceedings | Jambore Konselor, 3, 147–152. http://jambore.konselor.org/
Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Wandira, A. (2020). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Teknik Cinematherapy Untuk Mereduksi Social Anxiety Siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 4, Issue 1). http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13683
Young, S. D. (2012). Psychology At The Movies. USA: Wiley-Blackwell. https://doi.org/10.1002/9781119941149
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 chalimatus saidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.