PENGEMBANGAN BOARD GAME REOG KENDANG UNTUK MENINGKATKAN SELF AWARENESS SISWA SMP

Keywords:
self awareness, permainan papan, reog kendang, kearifan lokalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan self awareness menggunakan board games Reog Kendang. Metode yang digunakan ialah Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg and Gall dan terdiri dari 10 langkah penelitian, namun dalam pelaksaan penelitian ini, langkah tersebut hanya dilakukan sampai langkah ke-6 yaitu uji coba lapangan. Subjek penelitian meliputi 2 uji ahli materi, 2 ahli media, 2 orang uji pengguna (guru BK) dan 8 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa skala psikologi self awareness yang dikembangkan melalui uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas memperoleh hasil 31 item pernyataan valid dan uji reabilitas sebesar 0,760 dengan menggunakan SPSS 22. Teknik analisis data kepada uji ahli menggunakan menggunakan uji interater agreement Gregory dan uji pengguna kepada 8 siswa menggunakan one-group pretest-postest design. Hasil dari persentase uji ahli materi sebesar 0,76, uji ahli media 0,84. Hasil uji pengguna sebesar 0,82 dengan rentang kategori layak digunakan. Dengan demikian board game Reog Kendang dinilai layak digunakan dan dapat diterima secara praktik maupun teoritik sebagai salah satu media bimbingan dan konseling.
Kata Kunci: self awareness, permainan papan, reog kendang, kearifan lokal
Downloads
References
Anggraeni, L., Affandi, I., Wahyudin, D., Paramitha, S. T., & Ramadhan, M. G. (2022). Optimization of the Board Game as a Platform for the Concept of Peace Education : A Survey Method Study. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology. https://doi.org/https://doi.org/10.46328/ijemst.2292
Anikesari, P., & Mudjito. (2019). Pembinaan Estetika Siswa Melalui Pembelajaran Seni Karawitan Di Sma Negeri 1 Kauman Tulungagung. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 1–9. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/28537/26115
Candrawati, K. (2020). Kejenuhan Informasi terhadap Pengambilan Keputusan Pada Masa Pandemi Covid 19. In D. H. Santoso & A. Santosa (Eds.), Covid 19 dalam Ragam Tinjauan Perspektif (p. 498). Yogyakarta: MBridge Press.
Davidi, E. I. N. (2018). Permainan Monopoli Berbasis Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10, 59–69.
Esmiati, A. N., Prihartanti, N., & Partini. (2020). Efektivitas Pelatihan Kesadaran Diri untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 8(1), 113. https://doi.org/10.22219/jipt.v8i1.11052
Fitriyawany. (2013). Penggunaan Media Permainan Monopoli Melalui Pembelajaran Kooperatif pada Mahasiswa Fisika Fakultas Tarbiyah dengan Konsep Tata Surya. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, XIII(2), 223–239. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jid.v13i2.475
Fleming, J., Ownsworth, T., Doig, E., Swan, S., Prescott, S., Hamilton, C., & Shum, D. H. K. (2022). Improving Self-Awareness of Prospective Memory Function after TBI using Experiental Feedback on a Board Game Activity: an Observational Study. Neuropsychological. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/09602011.2022.2044863
Ghanavati, M., & Safarzadeh, S. (2020). Study of the Effectiveness of Brain Exercise Training and Intensive Short-Term Dynamic Psychotherapy (ISDTP) on Emotional Self-Awareness of Mothers with Mentally Retarded Children in Ahvaz. Propósitos y Representaciones, 8(SPE2). https://doi.org/10.20511/pyr2020.v8nspe2.693
Gregory, R. J. (2011). Psychologycal Testing. History, Principles, and Aplications (6th Ed). Boston: Allyn & Bacon.
Huizinga, J. (1980). Homo Ludens: A study of the play-element in culture. London: Boston and Henley. https://doi.org/10.4324/9781315824161
Iskandar, A., Putra, ashar syah, Rozaq, A. M. J., & Ariyanto, R. D. (2022). Sinema Edukasi Gandrung untuk Meningkatkan Percaya Diri Pada Siswa. HELPER : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 39(1), 22–32. https://doi.org/https://doi.org/10.36456/helper.vol39.no1.a5109
Maharani, L., & Mustika, M. (2016). Hubungan Self Awareness dengan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas VIII di SMP Wiyatama Bandar Lampung (Penelitian Korelasional Bidang BK Pribadi). KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal). https://doi.org/https://doi.org/10.24042/kons.v3i1.555
Nordin, N., Nordin, N. R. M., & Omar, W. (2022). The Efficacy of REV-OPOLY Augmented Reality Board Game in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 17(7), 22–37. https://doi.org/10.3991/ijet.v17i07.26317
Novitasari, E., & Masyitoh, I. S. (2022). The Effort to Preserve the Art of Reyog Kendang as a Local Wisdom in Tulungagung Regency. Proceedings of the Annual Civic Education Conference (ACEC 2021), 636(Acec 2021), 83–86. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220108.015
Nugroho, D. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Board Game Matematika Kelas Viii Semeseter 1 Kurikulum 2013 Di Smp Negeri 48 Jakarta. TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 1(1), 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/teacher.v1i2.720
Nurhayati, D. A. W. (2021). Pendampingan Pelestarian Kearifan Lokal Reog Kendang: Upaya Pendidikan Karakter dan Ketrampilan Seni pada Siswa Sekolah Dasar Sidomulyo Pagerwojo Tulungagung. JESS: Jurnal Education Social Science, 1(1), 2809–3763. https://doi.org/10.21274
Nurhayati, D., & Nurzaelani, M. M. (2020). Pengembangan Board Games Sebagai Media Edukasi Covid-19 Di Kampung Sindang Rasa. JURMA: Jurnal Program Mahasiswa Kreatif, 4(1), 54–63. https://doi.org/https://doi.org/10.32832/pkm-p.v4i1.721
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT, 03, 171–187.
Nursalim, M. (2013). Pengembangan Media Bimbingan & Konseling. Jakarta: Akamedia.
Prihandoko, G. K., & Yunianta, T. N. H. (2021). Pengembangan Board Game “Labyrinth in the Forest” Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama Materi Bilangan. Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 578–590. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.548
Putri, Yeni; Primanita, R. Y. (2019). Perbedaan Self Awareness berdasatkan Tipe Kepribadian Independent Penyalahguna NAPZA di Sumatera Barat. Jurnal Riset Psikologi, 2019(3), 1–10. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/psi/article/view/6589
Putri, E. T., Tazkiyah, A. Y., & Amelia, R. (2019). Self-Awareness Training untuk Menghadapi Fenomena Pernikahan Dini. In Pelayanan Kepada Masyarakat ISSN : on progress (Online) (Vol. 1, Issue 1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v1i1.2694
Rahayu, Y. P., & Yanuartuti, S. (2021). Pembelajaran Tari Reog Kendang Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Tari Di Slb C Negeri Tulungagung. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 10(2), 275–295. https://doi.org/10.26740/jps.v10n2.p275-295
Rianto, H., & Yuliananingsih, Y. (2021). Menggali Nilai-Nilai Karakter Dalam Permainan Tradisional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 120. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2440
Riskiani, M. A. D. P., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Pengembangan Media Permainan Papan Monopoli Berbasis Karakter Peduli Sosial Pada Muatan Materi IPS. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/doi.org/10.21009/JPD013.05
Sihaloho, R. P. (2019). Hubungan Antara Self Awareness dengan Deindividuasi Pada Mahasiswa Pelaku Hate Speech. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(2), 114–123.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (12th ed.). PT Remaja Rosdakarya.
Syofian, S., Setiyaningsih, T., & Syamsiah, N. (2015). Otomatisasi Metode Penelitian Skala Likert Berbasis Web. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi, November, 1–8.
Tangidy, A. M., & Setiawan, T. A. (2016). Toleransi Melalui Model Budaya Pela Gandong Menggunakan Media Board Game untuk Mahasiswa. Sabda : Jurnal Kajian Kebudayaan, 11(2), 16–25. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/sabda.11.2.16-25
Tran, L., Huynh, S. Van, Dinh, H. D., & Giang, V. T. (2019). Improving the self-awareness capacity of secondary school students by forming a school counseling model based on student capacity development orientation in Vietnam. Problems of Education in the 21st Century, 77(6), 722–733. https://doi.org/10.33225/pec/19.77.722
Wardani, D. O. R., & Muis, T. (2021). Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Siswa Kelas Viii-I Smpn 1 Taman Sidoarjo. HELPER : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 38(2), 42–48. https://doi.org/10.36456/helper.vol38.no2.a3586
Yuliasari, H. (2020). Pelatihan Konselor Sebaya untuk Meningkatkan Self Awareness terhadap Perilaku Beresiko Remaja. Jurnal Psikologi Insight Departemen Psikologi, 4(1). https://doi.org/Pelatihan Konselor Sebaya untuk Meningkatkan Self Awareness teradap Perilaku Beresiko Remaja
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sintya Rosemawati, Restu Dwi Ariyanto, Santy Andrianie

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.