EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI SELF-MANAGEMENT DALAM KONSELING INDIVIDUAL UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI AKADEMIK PESERTA DIDIK

 Abstract views: 321

Authors

  • Moch Rendy Candra Ramadhani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Cindy Asli Pravesti

DOI:

https://doi.org/10.36456/helper.vol40.no1.a5999

Keywords:

Self-Management, Resiliensi Akademik

Abstract

Masalah belajar yang terjadi pada kalangan siswa itu wajar, mengingat setiap individu mempunyai karakter dan ketertarikan yang berbeda terhadap belajar. Perlu digaris bawahi bahwa belajar merupakan kewajiban bagi individu dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Berdasarkan hasil observasi dengan menggunakan google form yang dilakukan di kelas XI SMA Negeri 1 Kedamean Gresik, ditemukan beberapa permasalahan selama proses pembelajaran diantara-Nya: rendahnya tingkat konsentrasi belajar, rendahnya ketahanan akademik siswa dalam kegiatan pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi self-management dalam konseling individu efektif meningkatkan resiliensi akademik pada siswa. Instrumen yang digunakan yaitu kuisioner yang disebar pada siswa kelas XI-IPS 2. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis antar kondisi dan analisis dalam kondisi. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai akhir overlap 0,125 yang menunjukkan nilai semakin kecil semakin baik, diperkuat dengan skor post-test akhir kedua subjek konseli yaitu 28 dan 29 setelah diberi treatment konseling individu strategi self-management. Dapat disimpulkan strategi self-management  dalam konseling individu bisa meningkatkan resiliensi akademik siswa kelas XI-IPS 2 di SMA Negeri 1 Kedamean Gresik.

Kata kunci: Self-Management, Resiliensi Akademik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alva, S. A. (1991). Academic Invulnerability Among Mexican-American Students: The Importance of Protective Resources and Appraisals. Hispanic Journal of Behavioral Sciences, 13(1), 18–34. https://doi.org/10.1177/07399863910131002

Christenson, S. L., Wylie, C., & Reschly, A. L. (2012). Handbook of Research on Student Engagement. In Handbook of Research on Student Engagement (Issue November). https://doi.org/10.1007/978-1-4614-2018-7

Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT.Remaja Rosdakarya.

Fraser, D.M. & Cooper, M. . (2012). Buku Saku Praktik Klinik Kebidanan. EGC.

Gilligan, R. (2007). Adversity, Resilience and the Educational Progress of Young People in Public Care. In Emotional and Behavioural Difficulties (pp. 135–145).

Hobfoll, S. E., Johnson, R. J., Ennis, N., & Jackson, A. P. (2003). Resource Loss, Resource Gain, and Emotional Outcomes Among Inner City Women. Journal of Personality and Social Psychology, 84(3), 632–643. https://doi.org/10.1037/0022-3514.84.3.632

John Dewey. (2004). Experience and Education. Teraju.

Maliki, Z. (2010). Sosiologi Pendidikan. Gajah Mada University Press.

Mallick, M. K., & Kaur, S. (2016). Academic resilience among senior secondary school students: Influence of learning environment. Rupkatha Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 8(2), 20–27. https://doi.org/10.21659/rupkatha.v8n2.03

Martin, A. and Marsh, H. (2006). Academic resilience and its psychological and educational correlates: A construct validity approach. Psychology in the Schools.

Miller, A. L. (1996). Antioxidant flavonoids: Structure, function and clinical usage. Alternative Medicine Review, 1(2), 103–111.

Rojas, L. (2015). Factors Affecting Academic Resilience in Middle School Students : A Case Study. Gist Education And Learning Research Journal, 11, 63–78.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 pasal 1 Pendidikan. (2003).

Wang, M. C., & Gordon, E. W. (1994). Educational resilience in inner city America. Hillsdale, NJ, Erlbaum.

Waxman, H. C., Gray, J. P., & Padron, Y. N. (2003). Review of Research on Educational Resilience. Education. 1–28. http://www.cal.org/crede/pdfs/rr11.pdf

Downloads

Published

2023-02-28