KAJIAN FILSAFAT ESENSIALISME TERHADAP PELAKSANAAN SUPERVISI MANAJERIAL

DOI:
https://doi.org/10.36456/helper.vol40.no1.a6321
Keywords:
Filsafat Esensialimse, supervisi manajerialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji filsafat esensialimse pelaksanaan supervisi terhadap penyelenggaraan pelaksanaan sekolah pada bidang manajerial. Metode ini penelitian ini menggunakan studi pustaka dengan kajian teoritis berasal dari buku, jurnal, artikel, web dan sumber-sumber lainnya yang berkaitan pelaksanaan supervisi manajerial dengan filsafat esensialisme. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode analisis isi (content analysis). Esensialisme adalah filsafat pendidikan konservatif yang memandang pendidikan harus berpijak pada nilai-nilai yang memiliki kejelasan, dimana metode dan langkah-langkah strategi dalam pelaksanaan supervisi manajerial masih menggunakan pendekatan yang konvensional. Pelaksanaan supervisi manajerial dilaksanakan melalui kegiatan prasupervisi dan kemudian dilakukan melalui tiga tahapan yakni: penilaian kinerja kepala sekolah, pemantauan pelaksanaan program dilakukan, serta pembinaan dan pendampingan dalam mengarahkan para pengelola sekolah agar dapat berkerja berdasarkan tugas pokok dan fungsi yang telah dirumuskan. Dalam pelaksanaan pengawasaan ini dilakukan sesuai dengan esensi supervisi manajerial.
Downloads
References
Ali, S. N. M., Harun, C. Z., & AR, D. (2015). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Sd Negeri Lambaro Angan. Jurnal Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Unsyiah, 3(2), 116–127.
Argadinata, H., & Putri, F. F. (2013). Menguatkan kompetensi manajerial kepala sekolah dasar. Seminar Nasional Pendidikan – Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 187–197.
Bangan, P., Fesio, P. R. O., & Pengaw, N. (2001). Pengembangan profesionalitas pengawas pendidikan.
Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2021). Esensialisme dan Perspektifnya terhadap Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Literasi, XII(2), 107–114. http://staffnew.uny.
Darmawan, A. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 3(2), 244–256. https://doi.org/10.33753/mandiri.v3i2.85
Hamrin. 2011. Sukses Menjadi Pengawas Tips dan Strategi Jitu Melaksanakan Tugas. Yogyakarta. Penerbit Samudra Biru.
Kusuma, A. R., Hamengkubuwono, & Ifnaldi. (2020). Agita, Hamengkubuwono,Ifnaldi,Jumira Analisis Supervisi Klinis Pengawas Dalam Meningkatkan Kompetensi Manajerial . . . Jurnal Improvement V, 7(1), 101–116
Ligawati. 2019. Program Inovatif dan Kerjasama Melalui Konseling Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan SMA Negeri 8 Surabaya. Malang. Media Nusa Creative
Maryance, Rosi Tiurnida. 2022. Teori dan Aplikasi Supervisi Pendidikan. Aceh: Yayasan Penerbit Zaini Anggota IKAPI.
Maulana, Heri. D.J. 2009. Promosi Kesehatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC
Octavi(Argadinata & Putri, 2013)(Setyawati et al., 2020)a, Shilphy. 2019. Sikap dan Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: CV. Budi Utama
Prihantini, dkk. 2022. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Moral, dan Karakter Kepatuhan Peserta Didik. Jawa Barat: Edu Publisher.
Rohmatika, R. V. (2016). Urgensi Supervisi Manajerial Untuk Peningkatan Kinerja Sekolah. Ijtimaiyya, 9(1), 1–20.
Saragih, Hisarmam dkk. 2021. Filsafat pendidikan. Yayasan Kita Menulis
Setyawati, P., Erawan, E., Zulfiani, D., & Pendidikan, M. (2020). Peran Pengawas Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Negeri 002 Kecamatan Loa Janan. EJournal Administrasi Negara, 8(3), 9208–9220. https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2020/07/Jurnal Putri Setyawati (07-01-20-04-42-18).pdf
Sudibyo, Lies. dkk. 2014. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Sulistyorini, dkk. 2021. Supervisi Pendidikan. Riau: Dotplus Publisher.
Utami, Nisa Rahmaniah, dkk. 2021. Supervisi Pendidikan. Yayasan Kita Menulis
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wahyu Ekawati, Siti Masitoh, Mochamad Nursalim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.