FILSAFAT ALIRAN PROGRESIVISME DAN KAITANNYA UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM SETTING PENDIDIKAN INKLUSI
Abstract views: 597DOI:
https://doi.org/10.36456/helper.vol40.no1.a6322Keywords:
progresivisme, pendidikan inklusi, anak berkebutuhan khususAbstract
Artikel ini berisi tentang pandangan aliran filsafat progresivisme dan kaitannya untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) dalam setting pendidikan inklusi. Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang mengalami keterbatasan atau hambatan, baik dari segi fisik, mental-intelektual, sosial, maupun emosional, yang kemudian berdampak secara signifikan pada proses perkembangannya dibandingkan dengan anak normal lain seusianya. Negara Indonesia telah menjamin pendidikan untuk ABK melalui pendidikan inklusif agar mereka dapat memaksimalkan kemampuan belajarnya dan menggali potensi dirinya. Artikel ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menelaah buku, literatur, catatan dan jurnal yang berkaitan dengan pandangan aliran progresivisme terhadap anak berkebutuhan khusus dan pandangan mengenai pendidikan inklusi. Data yang telah terkumpul, kemudian dilakukan analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Dalam kaitannya aliran filsafat progresivisme dengan pendidikan inklusif untuk anak berkebutuhan khusus tercermin pada lima komponen yakni tenaga pendidik, kurikulum, pengelolaan kelas, system evaluasi dan akesibilitas.
Kata kunci: progresivisme, pendidikan inklusi, anak berkebutuhan khusus
Downloads
References
Ajisuksmo, C. R. P. (2017). Practices and Challenges of Inclusive Education In Indonesian Higher Education. 25th ASEACCU Conference: Catholic Educational Institutions and Inclusive Education: Transforming Spaces, Promoting Practices, and Changing Minds, 21–27.
Anbiya, B. F., Nurdin, E. S., & Rizal, A. S. (2020). Filsafat Progresivisme dan Implikasinya terhadap Pendidikan Kewarganegraan Sebagai General Education di Indonesia. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 4(1), 301–311.
Baharun, H., & Awwaliyah, R. (2018). PENDIDIKAN INKLUSI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PERSPEKTIF EPISTEMOLOGI ISLAM. Jurnal Modeling, 5(1), 57–71.
Fadlillah, M. (2017). ALIRAN PROGRESIVISME DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 17–24. https://doi.org/10.24269/dpp.v5i1.322
Fauziya, S. N., & Aziz, T. A. (2022). Kaitan Pandangan Aliran Filsafat Progresivisme terhadap Siswa Slow Learners dalam Proses Pembelajaran. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 70–79. https://doi.org/10.29303/griya.v2i1.128
Hartini, A., Widyaningtyas, D., & Mashluhah, M. I. (2017). LEARNING STRATEGIES FOR SLOW LEARNERS USING THE PROJECT BASED LEARNING MODEL IN PRIMARY SCHOOL. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 1(1), 29. https://doi.org/10.26740/inklusi.v1n1.p29-39
Irvan, M., & Jauhari, M. N. (2018). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF SEBAGAI PERUBAHAN PARADIGMA PENDIDIKAN DI INDONESIA. . . Oktober, 26, 13.
Jauhari, A. (2017). PENDIDIKAN INKLUSI SEBAGAI ALTERNATIF SOLUSI MENGATASI PERMASALAHAN SOSIAL ANAK PENYANDANG DISABILITAS. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1). https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3099
Kurniawan, N. A., & Aiman, U. (2020). PARADIGMA PENDIDIKAN INKLUSI ERA SOCIETY 5.0. Transformasi Pendidikan Menyongsong SDM Di Era Society 5.0. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2020.
Salu, V. R., & Triyanto. (2017). Filsafat Pendidikan Progresivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan Seni di Indonesia. Jurnal Imajinasi, XI(1), 29–42.
Triyanto, T., & Permatasari, D. R. (2016). PEMENUHAN HAK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 25(2), 176–186. https://doi.org/10.17977/um009v25i22016p176
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lutfi isni badiah, Siti Masitoh, Mochamad Nursalim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.