PENGARUH IKLIM SEKOLAH TERHADAP PERILAKU BULLYING SISWA PADA SMA SANTA MARIA KABANJAHE

 Abstract views: 261

Authors

  • Mimpin Sembiriing STP St. Bonaventura Medan
  • Thomas Tarigan

DOI:

https://doi.org/10.36456/helper.vol40.no1.a6706

Keywords:

Kata kunci: iklim sekolah, perilaku bullying, kondusif, signifikan

Abstract

Perilaku bullying masih menjadi topik berita sehari-hari di media massa. Ini berarti bahwa bullying masih marak terjadi, tidak terkecuali dalam lingkungan pendidikan. Sementara itu sudah banyak upaya dilakukan untuk mengurangi terjadinya perilaku bullying. Salah satunya adalah dengan mengupayakan terciptanya iklim sekolah yang kondusif. Meski demikian perilaku bullying tetap saja terjadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa iklim sekolah berkorelasi signifikan dengan perilaku bullying. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Santa Maria Kabanjahe berjumlah 481 orang yang melibatkan Kelas X sampai Kelas XII.  Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Instrumen penelitian berupa skala iklim sekolah dengan 12 item dan perilaku bullying 12 item dengan skala Lickert 5 opsi. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa Iklim sekolah di SMA Santa Maria Kabanjahe tergolong kondusif (tinggi), sementara perilaku bullying tergolong rendah. Selain itu ditemukan bahwa iklim sekolah berkorelasi signifikan dengan perilaku bullying. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa iklim sekolah berpengaruh negatif terhadap perilaku bullying, yaitu sebesar -32.50%.

Kata kunci: iklim sekolah, perilaku bullying, kondusif, signifikan

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka

Acosta, J. et al. (2018) ‘Understanding the relationship between perceived school climate and bullying : A mediator analysis’, Journal of School Violence, 00(00), pp. 1–16. doi:10.1080/15388220.2018.1453820.

Bradshaw, C.P. et al. (2014) ‘Measuring School Climate in High Schools : A Focus on Safety , Engagement , and the’, Journal of School Health, 84(9), pp. 593–604.

Cohen, J. (2013) ‘Creating a Positive School Climate: A Foundation for Resilience’, in Handbook of Resilience in Children: Second Edition. ResearchGate, pp. 1–527. doi:10.1007/978-1-4614-3661-4.

Cohen, J., Pickeral, T. and Fege, A. (2009) ‘Measuring And Improving School Climate: A Strategy That Recognizes, Honors And Promotes Social, Emotional And Civic Learning - The Foundation For Love, Work And Engaged Citizenry’, The Teachers College Record [Preprint], (October 2017). Available at: http://www.tcrecord.org/Content.asp?Contentid=15698.

Creswell, J.W. (2014) Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. 4th edn, SAGE Publications Ltd. 4th edn. California, USA.

DetikNews (2019) ‘PISA 2018 : 41 % Siswa Indonesia Korban Bullying , 17 % Dilanda Kesepian’, detikNews, 4 December.

DetikNews (2022) ‘Kasus Bullying Anak SMP di Jakbar Selesai Secara Kekeluargaan’, detikNews, 17 February.

DetikSumut (2022) ‘Terungkap ! Siswi SMP di Medan Dipukul-Dijambak Gegara Pelaku Di-bully Korban’, DetikSumut, 20 September.

Dewitt, P. and Slade, S. (2014) School Climate Change, School Climate - A Literature Review. Alexandira, VA USA: ASCD. Available at: http://www.schoolclimate.org/climate/index.php.

Gladden, R.M. et al. (2014) BULLYING SURVEILLANCE AMONG YOUTHS. Washington, D.C: United States Department of Education.

Klein, J., Cornell, D. and Konold, T. (2012) ‘Relationships Between Bullying , School Climate , and Student Risk Behaviors’, School Psychology Quarterly, 27(3), pp. 154–169. doi:10.1037/a0029350.

Kompas.Com (2021) ‘41 Persen Murid Indonesia Alami " Bully ", Siswa SMA Buat Aplikasi Atasi Trauma’, Kompas.Com.

Kompas.Com (2022a) ‘Duduk Perkara Kasus Perundungan Siswa SD di Depok, Melibatkan Anak Berkebutuhan Khusus’, Kompas.Com, 23 April.

Kompas.Com (2022b) ‘Guru Pukul Siswa di Surabaya’, Kompas.Com, 29 January.

Kompas.Com (2022c) ‘Siswa MTs di Kotamobagu Dianiaya Teman- temannya hingga Tewas , Polisi Periksa 18 Orang , Kantongi Terduga Pelaku’, Kompas.Com, 14 June.

Kompas.Com (2022d) ‘Siswa SD di Tasikmalaya Alami Depresi hingga Meninggal Usai’, Kompas.Com, 21 July.

Medeka.Com (2022) ‘Walkot Minta Pelaku Perundungan Siswa SMP di Semarang Ditindak Tegas Biar Jera’, Merdeka.Com, 26 May.

Merdeka.Com (2022) ‘Kronologi Pengeroyokan Santri Pondok Gontor Hingga Tewas , Dua Ditetapkan Tersangka’, Merdeka.Com, 12 September, pp. 22–24.

Okendo, E.O., Christopher, N. and Jenifer, M.K. (2014) ‘Relationships Between School Climate and Students’ Academic Achievement in Ksce Examinations: a Case of Kisii County-Kenya’, International Journal of Education Learning and Development, 2(5), pp. 7–17.

Olweus, D. (1993) Bullying At School : What We Know and What We Can Do. Oxford, UK: Blackwell Publishers.

Rahmawati, S.W. (2016) ‘Peran Iklim Sekolah terhadap Perundungan’, Jurnal Psikologi, 43(2), pp. 167–180.

Rosen, L.H., Scott, S.R. and Deornellas, K. (2017) ‘An Overview of School Bullying’, in Rosen, L.H., DeOrnellas, K., and Scott, S.R. (eds) Bullying in School Perspectives from School Staff, Students, and Parents. TEXAS USA: Palgrave Macmillan, pp. 1–22. doi:10.1057/978-1-137-59298-9.

Ryan, W. (2009) SCHOOL CLIMATE AND BULLYINGe. University of Ottawa.

Tribunbanyumas.Com (2022) ‘Fakta Baru Bullying Fisik Siswi SMP Semarang di Aloon-Aloon Kauman : Langsung Didatangi Para Guru’, Tribunbanyumas.Com, 25 May.

Tuckman, B.W. (2012) Conducting Educational Research. 6th edn. Estover Road, Plymouth PL6 7PY, United Kingdom: Rowman & Littlefi eld Publishers, Inc.

Wang, M. Te and Degol, J.L. (2015) ‘School Climate: a Review of the Construct, Measurement, and Impact on Student Outcomes’, Educational Psychology Review, 28(2), pp. 315–352. doi:10.1007/s10648-015-9319-1.

Downloads

Published

2023-02-28