HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN FLOW AKADEMIK PASCA PENDEMI COVID 19 PADA SISWA SMA
Abstract views: 185DOI:
https://doi.org/10.36456/helper.vol40.no2.a7976Keywords:
Dukungan Sosial, Flow Akademik, Siswa SMAAbstract
Penelitian ini dilakukan karena ditemukannya fenomena masalah yang berkaitan dengan flow akademik, dimana siswa mengaku kurang fokus mengikuti aktivitas pembelajaran, apalagi yang mengharuskan siswa mengikuti pembelajaran secara penuh, lebih fokus dengan chat dari teman saat guru menjelaskan materi pembelajaran, juga ajakan keluar kelas atau ke kantin dari teman pada saat pembelajaran berlangsung, dan kurang ada dorongan untuk mengerjakan sendiri tugas yang diberikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan flow akademik pada siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kolerasi. Subyek penelitian ini adalah siswa di SMA Yadika Bangil berjumlah 193 siswa.. Teknik pengumpulan data menggunakan 2 skala psikologi yaitu skala dukungan sosial dan skala flow akademik. Teknik analisis data menggunakan statistik korelasi Product Moment yang perhitungannya menggunakan SPSS 20.0 for windows. Hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi rxy = 0,324 dengan signifikansi sebesar 0,000 (<0,05). Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial dengan flow akademik siswa. Dengan demikian, semakin tinggi dukungan sosial yang diterima maka semakin tinggi pula flow akademik siswa. Begitupun sebaliknya, semakin rendah dukungan sosial maka semakin rendah pula Flow akademik siswa
Downloads
References
Aimang, H. a. (2022). Survey Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19 Hasrat a Aimang. 62–69.
Alfarabi, A., Saraswati, P., & Dayakisni, T. (2018). Religiusitas Dengan Flow Akademik Pada Siswa. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 3(2), 145–154. https://doi.org/10.19109/psikis.v3i2.1759
Amira, R. D. (2020). Hubungan Antara Self Regulated Learning, Self-Esteem, Dukungan Sosial Dengan Flow Akademik Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri Program SKS dan Program Reguler. In Engineering, Construction and Architectural Management (Vol. 25, Issue 1, pp. 1–9). UIN Sunan Ampel Surabaya. http://dx.doi.org/10.1016/j.jss.2014.12.010%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro-.2013.03.034%0Ahttps://-www.iiste.org/Journals/index.php/JPID/article/viewFile/1928-8/19711%0A-http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc-/download?doi=10.1.1.678.6911&rep=rep1&type=pdf
Astuti, J. P., Mayangsari, M. D., & Zwagery, R. V. (2019). Hubungan Kesadaran Diri Dengan Flow Akademik Pada Siswa di Daerah Lahan Gambut. Jurnal Kognisia: Jurnal Mahasiswa Psikologi Online, 2(2), 68–74. http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/kog/article/view/1659
Chandra, R. I. (2013). Go with the flow: Dukungan sosial dan flow akademik pada mahasiswa. Calyptra, 2(1), 1–19.
Cobo-Rendón, R., López-Angulo, Y., Pérez-Villalobos, M. V., & Díaz-Mujica, A. (2020). Perceived Social Support and Its Effects on Changes in the Affective and Eudaimonic Well-Being of Chilean University Students. Frontiers in Psychology, 11(December). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.590513
Husna, N., & Rosiana, D. (2014). Hubungan social support dengan flow pada mahasiswa fakultas psikologi. Prosiding Psikologi, 1–6.
Ignatissus, R. (2013). Go with the flow: Dukungan sosial dan flow akademik pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(1), 1–19.
Istivaiyah, L. (2020). Hubungan antara self efficacy akademik dengan flow akademik pada siswa sma negeri 1 rumbio jaya. Skripsi, 1–115.
Laili, K. (2020). Hubungan religiusitas dengan Flow Akademik pada siswa MA Islamiyah at-tanwir Bojonegoro. Bussiness Law Binus, 7(2), 33–48. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46451
Markamad, A., & Khuzaemah. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Flow Akademik. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 201–206.
Nastiti, D., & Cucuk Nur Cahyani. (2022). Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Flow Akademik Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. HELPER : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 39(1), 13–21. https://doi.org/10.36456/helper.vol39.no1.a5141
Prihandrijani, E. (2016). Pengaruh motivasi berprestasi dan dukungan sosial terhadap flow akademik pada siswa SMA X di Surabaya. In Perpustakaan Universitas Airlangga.
Puspita, D. R., Rusli, R., & Mayangsari, M. D. (2018). Hubungan Task Commitment Dengan Flow Akademik Pada Peserta Didik Yang Memiliki Kecerdasan Intelektual Superior Di Sman 1 Martapura the Correlation of Task Commitment and Flow Academic on Students With Superior Intelectual Intelligence in Sman 1 Martapura. Jurnal Kognisia, 1(2), 47–54. http://sman1martapura.sch.id
Rochmawati, R., & Nastiti, D. (2022). The Relationship Between Self Efficacy and Academic Flow in Junior High School Students. Indonesian Journal of Education Methods Development, 19, 6–11. https://doi.org/10.21070/ijemd.v19i.656
Santoso, M. (2014). Self-efficacy dan flow akademik ditinjau dari temporal motivation theory pada mahasiswa Fakultas Psikologi. Calyptra, 3(1), 1–12.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fitria Evi Apriani, Dwi Nastiti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.