IMPLEMENTASI PARENTING EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN PARENTING SKILLS ORANG TUA ANAK TUNARUNGU DI KB-TK INKLUSIF AURICA SURABAYA
Abstract views: 438DOI:
https://doi.org/10.36456/helper.vol34.no2.a935Abstract
Parenting education dberikan pada orangtua untuk memberikan informasi terkait paretning skiils anak tunarungu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah implementasi parenting education dapat meningkatkan parenting skills orang tua anak tunarungu di KB-TK Inklusi Aurica Surabaya dan mendeskripsikan peningkatan parenting skills orang tua anak tunarungu setelah implementasi parenting education di KB-TK Inklusi Aurica Surabaya.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan (action research).Dalam penelitian tindakan ini penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus terdiri dari 4 langkah, yaitu: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) pemantauan (monitoring atau observing), dan (4) penilaian (reflecting atau evaluating). Teknik pengumpulan informasi menggunakan teknik tes tulis pada materi karakteristik dan tahapan perkembangan anak tunarungu, dan tes kinerja (praktik) pada materi carara berkomunikasi dengan anak tunarungu. Analisis informasi yang digunakan adalah analisis data kualitatatif yang dilandasi oleh hasil dari setiap tindakan. Kriteria keberhasilan ketuntasan di dalam penelitian ini adalah 85%.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa implementasi parenting education dapat meningkatkan kemampuan parenting skills orang tua anak tunarungu di KB/TK Inklusi Aurica Surabaya. Hal tersebut dapat ditunjukan dengan hasil rata-rata perolehan nilai siklus I sebesar 67, 43 sedangkan nilai ketuntatasan minimal klasikal sebesar 46,67 %. Sedangkan hasil rata-rata perolehan nilai siklus II sebesar 72, 46 sedangkan nilai ketuntasakan klasikal adalah 86,67 %.