IMPLEMENTASI MODEL ATIK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI KEGIATAN MENARI TARIAN BAKIAK

IMPLEMENTATION OF THE ATIK MODEL TO IMPROVE KINESTHETIC INTELLIGENCE THROUGH BAKIAK DANCE ACTIVITIES

 Abstract views: 214

Authors

  • WIDARTI EMILIANA Universitas Panca Sakti Bekasi
  • DEBORA PUJO Universitas Panca Sakti Bekasi
  • SRI WATINI Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol5.no1.a6862

Keywords:

Application of the ATIK Model, Intelligence Kinesthetic, Child Early Age

Abstract

For Upgrade ability child in observing, imitating and could do movement for could Upgrade intelligence kinesthetic with do movement dance Clogs that is aim from study the development of the ATIK model. Observational child _ in study this there are 17 children . And the technique used with observation and interview . Then Technique processing of this data is with descriptive that is tell whole condition child . First thing to do is observing children in TK Strada Bina Sejahtera who have good development _ like develop very good (BSB) of whole child . kindly gradually observation done in a manner continuous so could generate authentic data . Development child could seen moment they do movement dance with method observing , imitating then do movement in accordance with rhythm music . With do activity dance Clogs could stimulate ability intelligence kinesthetic child .

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dawiyah, R., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Atik untuk meningkatkan Kecakapan Bicara Anak dengan Kegiatan Menyusun Puzzle Gambar Seri di TK Dharma Wanita Persatuan.JIIP-Jurnal Ilmiah IImu Pendidikan, 5(3),883-887. https://doi.org/10.5431/jiip.v5i3.507

Dwi, Ernawati. (2015). Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Dengan Latihan Gerak Tari Pada Anak.

Feka, F., & Watini, S. (2022). Penerapan Reward Asyik dalam Meningkatkan Minat Baca melalui Permainan Tebak Huruf di Paud Uma Kandung Tambarangan. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2849-2854. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.773

Fitriana, A.A., Azizah, E.N., & Tanto, O.D. (2021). Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Usia. JCE (Journal of Childhood), 5 (1), 147. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.504

Hanita, H., Brantasari, M. (2019). Pengaruh Pembelajaran Efektif Melalui Menggubah Lirik Lagu Dan Beryanyi Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Incrementapedia Vol.1 No.1

Hidayati,T., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Atik dalam Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Kelompok A melalui kegiatan Menari di TK Anak Bangsa Rawajati Pancoran. JIIP-Journal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 657-661. https://doi.org/10.54371/jiip.v512.479

Jacob, A. M., & Watini, S. (2022). Penerapan Model Atik dalam Pengembangan Motorik Kasar pada Anak ADHD di TK Global Persada Mandiri. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9),3281-3287. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.841

Kastanja, J.,& Watini, S. (2022). Implementasi Metode Bernyanyi Asyik dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Kelompok A1 TK Negeri Pembina Nasional. JIIP- Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2636-2639. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.735

Maharani, D., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Atik dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini TKIT AL Wildan Bekasi. JIIP- Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 662-667. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.480

Mertler, C.A. (2016). Action Research ( Mengembangkan Sekolah dan Memberdayakan guru, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Novia Pura, F.H., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Percaya Diri Anak melalui Model Bermain Asyik di RA. Al Miffa. JIPP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2806-2812. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8. 782

Palupi, R., & Watini, S. (2022). Penerapan Model ATIK untuk Meningkatkan Anak Usia Dini melalui Permainan Tata Balok di PAUD Rama Rama Tangerang Selatan. JIIP- Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 621-627. https://doi.org/10/10.54371/jiip.v5i2.466

Rodiah, S., & Watini, S. (2022). Implementasi Permainan Konstruktif dengan Model Atik untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Assyifa Johar Baru. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 640-645. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.472

Rosmauli, C., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Mengembangnkan Kemampuan Kognitif Berpikir Logis dalam Kegiatan Menggambar di TK IT Insan Mulia Pancoran. JIIP- Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 888-894. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.510

Sari, RP. (2019). Kreativitas Bermain Anak Usia Dini. Jurnal Incrementapedia Vol.1 No.1

Sumanti Sonia AA, Putri Nuh Li, Wanta mario (2021),Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Mencetak Dengan Media Pelepah Pisang di TK Frater Don Bosco

Udjir, N., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Atik Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Permainan Kartu Bergambar di RA Iftitah Al-Ikhlas Ambon. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1861. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1861-1872.2022

Wahyuningrum, M. D. S., & Watini, S. (2022). Inovasi Model Atik dalam Meningkatkan Motorik Halus pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia, 6(5), 5384-5396. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3038

Wandi N, Nuhafizah NNurhafizah Nurhafizah (2019). Etika Profesi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age. juenal Pendidikan Anak Usia DiniI: https://doi.org/10.29313/ga.v3i1.4829

Warsono, W., Affrida, EN. (2019). Mengembangan Kraeativitas Anak Melalui Permainan Edukatif Blocks Pipe. Jurnal Incrementapedia. Vol.1 No.2 https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol1.no02.a2092.

Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82.https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111

Downloads

Published

2023-06-30