Pengaruh Biaya OperasionaI, Perputaran Persediaan dan Pertumbuhan PenjuaIan Terhadap ProfitabiIitas Perusahaan Manufaktur Food and Beverage Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Abstract views: 42DOI:
https://doi.org/10.36456/jsbr.v3i3.6231Keywords:
Biaya OperasionaI, Perputaran Persediaan, Pertumbuhan PenjuaIanAbstract
PeneIitian ini bertujuan untuk mengetahui Biaya OperasionaI, yang diukur menggunakan beban operasionaI
dibanding dengan penjualan bersih, Perputaran Persediaaan diukur dengan harga pokok penjuaIan dibanding
dengan persediaan rata-rata, dan Pertumbuhan Penjualan diukur dengan penjualan saat ini dibanding dengan
penjualan sebelumnya, berpengaruh terhadap profitabiIitas perusahaan manufaktur food & beverage yang terdaftar di
Bursa Efek Indonesia. VariabeI independen yang digunakan adaIah Biaya Operasional, Perputaran Persediaan dan
Pertumbuhan PenjuaIan Sedangkan variabIe dependen yang digunakan adalah Profitabilitas. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah 17 perusahaan manufaktur food and beverage yang di ambil menggunakan
teknik purposive sampIing. Teknik analisis data yaitu uji asumsi KIasik (uji normaIitas, uji muItikolinieritas, dan uji
heteroskedastisitas), regresi linier berganda, uji kolerasi berganda, uji determinasi ganda dan uji hipotesis (Uji T dan
Uji F). HasiI peneIitian ini menunjukan bahwa Biaya operasional tidak berpengaruh terhadap profitabiIitas perusahaan
manufaktur food & beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Perputaran persediaan
berpengaruh terhadap profitabiIitas perusahaan manufaktur food & beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia
periode 2015-2019. Dan pertumbuhan penjuaIan berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan manufaktur food &
beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019.
Downloads
References
Afkar, T., Purwanto, T., Fauziyah, F., Hariawan, F., & Istikhoroh, S. (2021). DESIGN OF MSMEs DEVELOPMENT THROUGH PROFIT SHARING SCHEMES. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(3), 463. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i3.36996
Hayu, R. S., Sulistiyawan, E., & Salim, M. (2021). The Changes of Consumption Behavior in Bengkulu, Indonesia: Case of Purchasing Corona Prevention Products Through Indirect Ditribution Channel. Journal of Distribution Science, 19(11), 27–36. https://doi.org/10.15722/jds.19.11.202111.27
Istikhoroh, S., Moeljadi, Sudarma, M., & Aisjah, S. (2021). Does social media marketing as moderating relationship between intellectual capital and organizational sustainability through university managerial intelligence? (empirical studies at private Universities in East Java). Cogent Business and Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1905198
Narayan, S., Purnaningrum, E., & Khawari, B. (2021). Assessing the Financial Implications of COVID-19 Within the SVAR Framework for Some Asian Countries. The Indian Economic Journal, 69(4), 630–654. https://doi.org/10.1177/00194662211036097
Sukestini, E., Fatirul, A. N., & Hartono, H. (2021). Problem Based Learning with ICT Based with Learning Creativity to Improve History Learning Achievement. Mimbar Ilmu, 26(1), 60. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31486
Widyastuty, A. A. S. A., & Dwiarta, I. M. B. (2021). Perencanaan dan Pengembangan Desa Wisata Kaba – Kaba Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Kawistara, 11(1), 87. https://doi.org/10.22146/kawistara.63535
Kurniawan, W.O., & Kirana, Nanda (2022). Analysis Of Planning System Digitalization of Non Cash Sales of Electric Equipment Companies. Journal of Economics, Business, and Government Challenges, 5(1), 11-16. https://ebgc.upnjatim.ac.id/index.php/ebgc/article/view/266
Latif, Nashrudin, & Hariawan, Ferry (2021). Caption konsep diri : strategi personal branding pada media instagram. Journal of Management and Accounting, 4(2), 34-58. https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/J-MACC/article/view/2637